Kota Bogor (ANTARA) - Kamar Dagang Industri (Kadin) bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor, Jawa Barat, menggelar Jalan Sehat dan Sajian Kuliner Legendaris pada Minggu, untuk memperingati Hari Jadi Bogor (HJB) Ke-542.

Penjabat (Pj) Wali Kota Bogor Hery Antasari di Balai Kota Bogor, Minggu, mengapresiasi atas inisiasi dan kolaborasi Kadin, sebab banyak pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) terlibat, dan menyediakan makanan gratis bagi peserta jalan sehat.

“Ini untuk mengembangkan kuliner UMKM Kota Bogor. Mudah-mudahan dengan adanya ini makin terkenal lagi,” ujarnya.

Ia menyebutkan total ada 17 kuliner legendaris Kota Bogor yang tersedia dalam kegiatan tersebut. Di antaranya Ketoprak Japar, Ketupat Cimahpar, Cungkring Pak Jumat, Siomay Abah Uki, dodongkal dan Ketoprak Japar.

Ketua Kadin Kota Bogor Almer Faiq Rusydi memilih UMKM dan kuliner legendaris untuk terlibat, karena Kadin ingin mengangkat dan mengenalkan kepada masyarakat bahwa UMKM Kota Bogor memiliki banyak makanan legendaris dan patut dicoba.

Baca juga: Pemkot lakukan penataan PKL di Alun-alun Kota Bogor

Selain ada 17 stan kuliner legendaris, Almer menyebutkan ada 20 UMKM binaan Kadin Kota Bogor yang juga terlibat dalam kegiatan ini.

“Ini adalah salah satu bentuk pembinaan dari Kadin, kita mengadakan acara seperti ini. Mudah-mudahan ke depan kita bisa terus meningkatkan teman-teman UMKM untuk dikenalkan ke masyarakat luar Kota Bogor,” kata Almer.

Jalan Sehat hari ini digelar dari titik awal Balai Kota Bogor, kemudian mengelilingi di jalur Sistem Satu Arah (SSA), dan kembali lagi ke Balai Kota Bogor. Di sana, sudah tersedia 1.200 porsi kuliner legendaris yang bisa dinikmati gratis.

"Dari 1.200 porsi yang ada, kita kasih free. Kita beli patungan untuk membeli ke mereka agar mereka bisa berkembang lebih baik lagi,” ujarnya.

Baca juga: Dinas PUPR Kota Bogor pastikan penataan kabel selesai tepat waktu

Baca juga: BHQ di Kota Bogor sediakan ratusan hewan kurban sehat dan berkualitas


Pewarta: Shabrina Zakaria
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2024