Jakarta (ANTARA) - Berbagai berita humaniora menarik dari Minggu masih dapat dibaca kembali Senin ini, antara lain UGM di peringkat 100 kampus terbaik dunia versi Times Higher Education, dan Karhutla di Gunung Batok di kawasan TNBTS berhasil dipadamkan.

Selengkapnya dapat dibaca di sini.

1.) UGM di peringkat 100 kampus terbaik dunia versi Times Higher Education

Universitas Gadjah Mada (UGM) menempati peringkat 100 perguruan tinggi terbaik dunia versi Times Higher Education (THE) kategori Impact Ranking 2024 dalam pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) 6, 8, dan 9.

Pemeringkatan yang disusun oleh analis pendidikan tinggi global THE, didasarkan pada analisis terhadap 2.152 universitas di dunia untuk pemeringkatan secara keseluruhan dan meningkat hampir 25 persen dari jumlah universitas yang berpartisipasi pada tahun sebelumnya.


2.) Eros Djarot ingatkan tugas budayawan dan jangan ngaco

Budayawan Soegeng Rahardjo Djarot yang akrab disapa Eros Djarot mengajak seluruh budayawan di Tanah Air untuk tetap berpijak pada koridor sebagai bangsa Indonesia, karena tugas utama budayawan adalah mencerahkan.

Menurut dia, saat ini sebenarnya banyak pelaku seni dan budaya yang mengembangkan berbagai inovasi yang bagus tetapi ngaco. Bahkan, kata dia, berbagai inovasi yang bagus tersebut justru berpotensi menghancurkan budaya bangsa Indonesia.


3.) Peserta haji Kota Bogor wafat karena dehidrasi, sempat dirawat di Mina

Kementerian Agama (Kemenag) Kota Bogor, Jawa Barat (Jabar), menyebut seorang haji bernama Adjum Djunaedi (74 tahun) dari daerah tersebut meninggal dunia di Tanah Suci karena sakit.

Kasie Penyelenggara Haji dan Umroh Kemenag Kota Bogor Fauzan di Kota Bogor, Minggu, mengatakan Adjum meninggal dunia pada Selasa (18/6) di Rumah Sakit Mina Al Wadi Makkah, Arab Saudi.


4.) Karhutla di Gunung Batok di kawasan TNBTS berhasil dipadamkan

Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi di Gunung Batok di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), Jawa Timur dilaporkan telah berhasil dipadamkan.

Kepala Bagian Tata Usaha Balai Besar TNBTS Septi Eka Wardhani mengatakan, meskipun api telah dipadamkan sepenuhnya, tim gabungan yang melakukan penanganan karhutla tetap melakukan pendinginan dan pembasahan di area yang terbakar.


5.) Bey ajak alumni Unpad kontribusi bangun Jawa Barat

Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat (Jabar) Bey Triadi Machmudin mengajak alumni Universitas Padjadjaran (Unpad) untuk berkontribusi dalam membangun Jabar melalui sejumlah program yang bermanfaat bagi masyarakat.

Menurut Bey, alumni Unpad memiliki banyak potensi dan keahlian yang dapat dimanfaatkan untuk membangun Jabar. Untuk itu pihaknya terus membuka ruang bagi para alumni Unpad agar terlibat secara aktif di berbagai sektor pembangunan.

Pewarta: Mecca Yumna Ning Prisie
Editor: Guido Merung
COPYRIGHT © ANTARA 2024