Palu (ANTARA) -
Kepolisian Daerah Sulawesi Tengah menggelar bakti kesehatan operasi celah bibir dan katarak di Rumah Sakit (RS) Bhayangkara Palu.

"Selain operasi celah bibir dan katarak, ada juga operasi lelangit, sunatan massal dan donor darah yang diselenggarakan secara gratis sebagai rangkaian Hari Bhayangkara ke-78," kata Kapolda Sulteng Irjen Pol Agus Nugroho di Palu, Senin.
 
Ia menyebutkan berdasarkan data saat ini, pasien yang mengikuti bakti kesehatan berasal dari Kota Palu, Kabupaten Sigi, Donggala, Parigi Moutong dan Banggai Kepulauan (Bangkep).
 
"Masyarakat yang datang dari luar Kota Palu kami fasilitasi tempat tinggal sambil menunggu waktu operasi," ujarnya.
 
Kapolda mengemukakan saat ini terdata sudah ada kurang lebih 38 orang yang mendaftar untuk mengikuti operasi gratis di RS Bhayangkara Palu.
 
"Data itu bisa saja bertambah dan pasien yang mendaftar akan diperiksa lagi oleh tim kesehatan untuk memastikan apakah bisa mengikuti operasi atau tidak," terangnya.

Baca juga: Polri buka ruang masyarakat sampaikan kritik di HUT Bhayangkara
 
Kapolda menjelaskan bakti sosial tersebut sebagai bentuk kepedulian Polri terhadap masyarakat yang tidak mampu untuk mendapat pengobatan dan penyembuhan secara gratis.
 
"Kami buka kesempatan seluas-luasnya untuk masyarakat agar bisa mendapat pelayanan yang terbaik di Hari Bhayangkara," kata dia.

Sementara itu Arfa (38) tahun warga Desa Labuan Lelea, Kabupaten Donggala yang mengikuti operasi katarak mengaku senang dengan adanya kegiatan seperti ini, karena dinilai sangat membantu masyarakat.

Ia mengatakan keterbatasan biaya menjadi alasan hingga bertahun-tahun dia belum bisa melakukan pemeriksaan mata di rumah sakit.
 
"Saya sudah jalani operasi, merasa terbantu dengan adanya operasi mata gratis yang dilakukan Polri," ucapnya.

Baca juga: Polda Sultra gelar donor bantu atasi kekurangan stok darah di PMI

Pewarta: Mohamad Ridwan/Kristina Natalia
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2024