Tangerang (ANTARA) - Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Tangerang, Banten, telah membentuk Badan Usaha Milik Pramuka (BUMP) yang difokuskan bergerak di bidang jasa, ritel, dan waralaba (franchise).

"BUMP ini akan dikelola secara profesional oleh anggota Pramuka berkompeten di Kota Tangerang," kata Ketua Harian Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Tangerang Kaonang dalam keterangannya di Tangerang, Selasa.

Ia mengatakan pembentukan BUMP ini merupakan inovasi terbaru untuk optimalisasi pemberdayaan anggota Pramuka.

Selain itu keberadaan BUMP ini sangat penting sebagai ruang mengembangkan kewirausahaan bagi anggota. Bahkan ke depan akan juga didorong bergerak di bidang penjualan produk, jasa, event, sampai bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan besar.

Baca juga: Ponpes Gontor pastikan Pramuka tetap menjadi ekstrakurikuler wajib

BUMP  akan dioptimalkan sebagai ruang pengembangan kapasitas anggota Pramuka di Kota Tangerang, khususnya di bidang kewirausahaan.

"Banyak peluang yang bisa dikembangkan melalui kerja sama apalagi banyak perusahaan besar di Kota Tangerang saat ini," katanya.

Baca juga: Kwartir nasional kampanyekan gerakan Media Sahabat Pramuka

Tidak hanya itu, pengelolaan BUMP juga dinilai dapat memberikan dampak positif terutama untuk menciptakan generasi muda yang mampu berwirausaha bahkan menciptakan lapangan pekerjaan di masa mendatang.

“Selain itu, anggota-anggota akan dididik untuk menjadi pengusaha matang. Jadi pada saat mereka lulus kuliah mempunyai mentalitas dan jiwa wirausaha yang unggul bahkan berdaya saing,” kata dia.

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024