Sentani (ANTARA) - Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Jayapura, Papua, meminta orang tua agar memasukkan anaknya ke sekolah sesuai dengan zonasi pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2024.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Disdik Kabupaten Jayapura Ted Y Mokay di Sentani, Selasa, mengatakan tidak ada istilah sekolah unggulan karena semua sama.

“Kami sudah bagi guru-guru merata di setiap sekolah mulai SD, SMP, hingga SMA dan SMK, sehingga semua sekolah itu kualitasnya sama,” katanya.

Baca juga: Disdik Jayapura seleksi 160 siswa masuk program sekolah Genius 2024

Oleh karena itu, Mokay meminta orang tua agar memasukkan anak-anaknya ke sekolah yang dekat dengan tempat tinggal sehingga lebih mudah dijangkau.

“Kami jamin sekolah di Kabupaten Jayapura khususnya di Sentani semua memiliki kualitas sama. Jadi, sekolah dekat dengan rumah lebih aman dan nyaman karena mudah dijangkau dan dapat dikontrol,” ujarnya.

Baca juga: Pemkab Jayapura alokasikan dana Otsus guna tingkatkan mutu pendidikan

Dia mengharapkan dukungan orang tua untuk tidak memilih sekolah-sekolah tertentu pada PPDB 2024 di wilayah Sentani.

“Kualitas anak itu tidak ditentukan oleh sekolah, tetapi kemauan anak dan dorongan orang tua yang menentukan masa depan mereka,” katanya.

Dia menambahkan bahwa jumlah peserta pada PPDB 2024 di wilayah Jayapura sekitar 1.500 siswa mulai jenjang SD hingga SMA/SMK.

Baca juga: Disdik Kota Jayapura imbau orang tua antar jemput anak di sekolah

“Kami minta sekolah untuk menerima siswa dilihat dari zonasi sehingga memberikan kesempatan bagi siswa berprestasi tetapi tidak mampu untuk bersekolah di sekolah di daerah itu,” ujarnya.

Pewarta: Yudhi Efendi
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024