Jakarta (ANTARA) -
Ketua Kontingen Indonesia Del Asri optimistis Indonesia juara umum 21th ASEAN University Games (AUG) 2024 di Surabaya-Malang, pada 25 Juni sampai 6 Juli mendatang.

"Alhamdulillah kondisi kontingen aman dan terkendali, serta siap bertanding untuk membanggakan Indonesia. Insyaallah kami dapat meraih gelar juara umum di AUG 2024," kata Del Asri dalam keterangan tertulis yang diterima ANTARA di Jakarta, Selasa, seraya menyatakan seluruh perwakilan Merah Putih siap mewujudkan target juara.

Dia menjelaskan Indonesia diperkuat oleh 392 atlet dan 91 ofisial, serta akan mengikuti total 247 nomor pertandingan dari 18 cabang olahraga, termasuk panahan, atletik, bulu tangkis, bola basket, futsal,  pencak silat, dan bola voli.

Del Asri menambahkan atlet yang membela Indonesia berasal dari 140 perguruan tinggi negeri termasuk Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Universitas Negeri Surabaya, dan Perbanas.

Pada AUG edisi sebelumnya di Ratchatani, Thailand, Indonesia menempati posisi tiga dengan 43 medali emas, 39 perak, dan 37 perunggu, setelahj Thailand dan Malaysia.

"Kami yakin bisa mendapatkan hasil lebih baik. Delegasi Indonesia juga diisi beberapa atlet nasional, salah satunya renang yang selepas training camp (TC) di Amerika Serikat akan tampil di AUG 2024," ujar dia.

Kontingen Indonesia untuk AUG 2024 resmi dikukuhkan dan dilepas oleh Staf Ahli Menteri Bidang Manajemen dan Talenta Kemendikbud Ristek, Tatang Muttaqin.

Baca juga: Rektor Unesa: 5.000 orang hadiri ASEAN University Games 2024 di Jatim

"AUG harus menjadi momentum untuk menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia unggul tak hanya di olahraga, tapi juga budaya. Selamat bertanding berikan kebanggaan untuk Indonesia," kata Tatang.

ASEAN University Games 2024 dibuka di International Basketball Arena Unesa, Surabaya,a malam ini. 

11 negara mengikuti ajang ini, yakni Indonesia, Brunei Darussalam, Kamboja, Laos, Myanmar, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, Vietnam, dan Timor Leste.

Opening ceremony dibuka oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo dan dihadiri perwakilan Kemendikbudristek, Pengurus Pusat Badan Pembina Olahraga Mahasiswa Indonesia (PP Bapomi), dan pihak terkait lainnya.

Pada pembukaan acara, atlet wushu Seraf Naro Siregar tampil sebagai pembawa bendera Merah Putih.

"Tentu bangga dapat menjadi pembawa bendera di AUG 2024 dan semoga kami dapat memberikan prestasi terbaik untuk Indonesia," kata peraih perunggu Asian Games 2022 Hangzhou itu.

Baca juga: ABTI yakin timnas bola tangan ukir prestasi di ASEAN University Games

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2024