Surabaya (ANTARA) - Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya (Unesa) yang juga gelandang Persib Bandung Rachmat Irianto mengaku bangga dengan kampusnya yang menjadi salah satu tuan rumah gelaran Asean University Games (AUG) ke-21 2024.
 
"Bangga karena bisa mengenalkan bahwa Unesa sudah berkembang jauh lebih besar," katanya saat ditemui wartawan di sela pembukaan AUG 2024 di GOR Basket Unesa kampus 2 Lidah Wetan Surabaya, Selasa.
 
Kegiatan AUG 2024 sendiri, kata dia, juga bisa menjadi alat untuk lebih mengenalkan kampusnya hingga ke luar negeri.
 
"Dengan begitu, karena ada AUG ini bisa menjadi daya tarik Unesa. Jika ada yang berminat dari luar negeri bisa kuliah di sini," ucapnya.

Baca juga: Indonesia optimistis juara umum AUG 2024
 
Ryan, sapaan akrabnya, berharap atlet atau mahasiswa yang mewakili Indonesia bisa meraih prestasi terbaik dalam ajang tersebut.
 
"Para atlet atau mahasiswa Indonesia di ajang ini harus bisa berprestasi dan sukses," tuturnya.
 
Pada kegiatan tersebut, Ryan didapuk menjadi pembawa obor api AUG 2024 usai defile atlet, pengibaran bendera ASEAN University Sport Council (AUSC) dan pembacaan janji atlet, yang dihadiri oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Angela Tanoesoedibjo dan Pejabat (Pj) Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono.
 
Kompetisi olahraga mahasiswa bergengsi tingkat Asia Tenggara tersebut, mulai bergulir pada 25 Juni hingga 6 Juli 2024, di Jawa Timur (Surabaya-Malang) sebagai tuan rumah.
 
Sejak pertama kali diadakan di Chiang Mai, Thailand pada 1981, Indonesia telah menjadi tuan rumah AUG sebanyak lima kali, yaitu pada tahun 1982, 1990, 2004, 2014 dan 2024.
 
Event olahraga antar perguruan tinggi se-ASEAN ini, melibatkan partisipasi aktif dari 11 negara anggota ASEAN, yakni Indonesia, Malaysia, Laos, Myanmar, Vietnam, Timor Leste, Brunei Darussalam, Thailand, Singapura, Kamboja dan Filipina.

Baca juga: Rektor Unesa: 5.000 orang hadiri ASEAN University Games 2024 di Jatim
Baca juga: PB ABTI tengah siapkan timnas di ASEAN University Games 2024

Pewarta: Indra Setiawan/Naufal
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © ANTARA 2024