Banjarmasin (ANTARA) - Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan (Sekjen Kemnaker) Anwar Sanusi memotivasi mahasiswa Universitas Lambung Mangkurat (ULM) agar bisa bersaing di dunia kerja ketika menjadi seorang sarjana.

"Jangan takut tak dapat pekerjaan setelah lulus perguruan tinggi karena seorang sarjana memiliki kompetensi untuk bersaing di dunia kerja," kata dia saat kuliah umum di ULM di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Selasa.

Anwar mengungkapkan penduduk bekerja pada kelompok pendidikan tinggi saat ini menguasai sektor formal 81,09 persen tahun 2024.

Kemudian lapangan usaha yang dominan dikuasai lulusan universitas yakni tersier berupa perdagangan dan jasa di perkotaan dengan persentase 86,06 persen.

Dia pun menyebut beragam sektor pekerjaan masih sangat memerlukan kualifikasi berpendidikan tinggi, dimana angkanya saat ini paling kecil berdasarkan tingkat pendidikan penduduk bekerja.

Data Kemnaker pada tahun 2023, lulusan SMP masih paling besar 54,59 persen kemudian lulusan SMA dan SMK 32,65 persen dan diploma serta sarjana hanya 13,76 persen.

Adapun pola permintaan tenaga kerja di masa depan menurutnya akan banyak bersentuhan dengan pemanfaatan teknologi digital.

Baca juga: Kemnaker ingatkan instruktur pelatihan vokasi tingkatkan kompetensi
Baca juga: Sekjen Kemnaker dorong peningkatan kualitas layanan ketenagakerjaan


Sedangkan dari sisi softskill berupa kemampuan analisis, orientasi pemecahan masalah, kreativitas dan komunikasi sangat diperlukan.

"Dua sektor perusahaan dengan lowongan kerja terbesar saat ini dan ke depannya yakni teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dan jasa keuangan," jelasnya.

Menutup kuliah umum dengan tema ”Peluang dan Tantangan Pekerjaan di Era Society 5.0”, profesor dalam bidang Ilmu Kebijakan Publik (pengembangan perdesaan) FISIP Universitas Brawijaya itu memberikan wejangan agar para tenaga kerja muda senantiasa menjaga motivasi dalam diri, terus belajar dan membangun jejaring.

Wakil Rektor Bidang Kerjasama, Humas, dan Sistem Informasi ULM Yusuf Azis mewakili Rektor ULM Prof Ahmad Alim Bachri menyampaikan terima kasih atas kedatangan Sekjen Kemnaker yang telah memotivasi mahasiswa, sehingga semakin optimistis menatap masa depan dengan karir cemerlang.
Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan (Sekjen Kemnaker) Anwar Sanusi didampingi Wakil Rektor Bidang Kerjasama, Humas, dan Sistem Informasi ULM Yusuf Azis berfoto bersama ratusan mahasiswa usai kuliah umum. (ANTARA/Firman)

Pewarta: Firman
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2024