Jakarta (ANTARA) - Austria mematahkan ekspektasi setelah lolos ke 16 besar Piala Eropa (Euro) 2024 sebagai juara grup, unggul dari Prancis dan Belanda dalam klasemen akhir Grup D.
 
Tim asuhan Ralf Rangnick tersebut mampu mengalahkan Belanda 3-2 di Stadion Olimpiade, Berlin pada Selasa (25/6). Austria membuka keunggulan lewat bunuh diri Donyell Malen pada menit ke-6.
 
Tim Oranye bisa menyamakan skor berkat gol Cody Gakpo dua menit selepas jeda. Austria kembali unggul melalui Romano Schmid pada menit ke-59. Belanda membalas sekali lagi berkat Memphis Depay pada menit ke-75.
 
Marcel Sabitzer menjadi pahlawan kemenangan Austria setelah mencetak gol pada menit ke-80. Kemenangan ini membuat Austria secara mengejutkan finis di peringkat teratas Grup D.

Baca juga: Austria lolos 16 besar sebagai juara Grup D usai kalahkan Belanda 3-2
Baca juga: Prancis ke 16 besar meski bermain imbang 1-1 lawan Polandia
 
Austria di urutan teratas dengan enam poin, dengan menyalip Prancis dan Belanda.
 
Prancis sendiri harus mengakhiri fase grup di peringkat dua usai pada laga yang bersamaan bermain imbang 1-1 dengan Polandia di Signal Iduna Park.
 
Gol kedua tim sama-sama lahir dari tendangan penalti, Kylian Mbappe mencetak gol untuk Prancis sedangkan Robert Lewandowski menyamakan kedudukan untuk Polandia.
 
Prancis berada di bawah Austria dengan lima poin. Belanda di urutan ketiga usai meraih empat angka. Sementara, posisi juru kunci ditempati Polandia dengan hanya meraih dua poin.
 
Peringkat satu sampai tiga dari Grup D secara otomatis melaju ke 16 besar. Austria dan Prancis lolos dengan status juara dan runner up.
 
Sementara itu Belanda ke fase gugur dengan status sebagai peringkat ketiga terbaik. Posisi Tim Oranye sudah pasti tidak bisa terlempar dari empat besar di klasemen peringkat ketiga terbaik.

Baca juga: Suporter selebrasi kemenangan dramatis Austria atas Belanda

Berikut klasemen akhir Grup D
Nama Main Menang Seri Kalah SG Poin
Austria 3 2 0 1 2 6
Prancis 3 1 2 0 1 5
Belanda 3 1 1 1 0 4
Polandia 3 0 1 2 -3 1

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © ANTARA 2024