Jakarta (ANTARA) - Badan Bank Tanah menjalin kolaborasi dengan PT Bank JTrust Indonesia Tbk (J Trust Bank) dan PT J Trust Consulting Indonesia melalui penandatanganan nota kesepahaman (MoU) untuk pemanfaatan salah satu lahan Bank Tanah terkait proyek Penajam Eco City dalam rangka mendukung Ibu Kota Nusantara.

Kepala Badan Pelaksana Badan Bank Tanah Parman Nataatmadja menyambut baik penandatanganan MoU dengan J Trust Consulting Indonesia dan J Trust Bank. Kolaborasi ini akan memperkuat hubungan ekonomi Indonesia dan Jepang yang sudah terjalin dengan baik.

“Besar harapan kami Jepang menjadi sahabat yang turut berinvestasi di Indonesia, khususnya pada Hak Pengelolaan (HPL) Badan Bank Tanah. Hal ini sejalan dengan upaya kami dalam menciptakan kerja sama yang inklusif dan memberikan manfaat ekonomi yang lebih luas bagi masyarakat Indonesia, khususnya yang ada di area HPL kami dan sekitarnya,” kata Parman di Jakarta, Rabu.

Baca juga: Bamsoet dorong peningkatan iklim investasi melalui Bank Tanah

Badan Bank Tanah menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan PT Bank JTrust Indonesia Tbk (J Trust Bank) dan PT J Trust Consulting Indonesia untuk pemanfaatan salah satu lahan Badan Bank Tanah yang berlokasi di Penajam Paser Utara (PPU),  Kalimantan Timur.

Melalui nota kesepahaman ini, J Trust Consulting Indonesia ditunjuk sebagai mitra Badan Bank Tanah, dengan mandat eksklusif untuk memperkenalkan dan menangani investor asal Jepang yang akan berinvestasi di kawasan hak pengelolaan lahan (HPL) Badan Bank Tanah tersebut. Sementara itu J Trust Bank akan mendukung para investor asal Jepang dalam aspek finansial.

HPL Badan Bank Tanah yang saat ini tengah dikembangkan yakni proyek Penajam Eco City berada di PPU. Kawasan ini merupakan salah satu aset persediaan lahan Badan Bank Tanah dari total keseluruhan seluas 18.758 hektare di seluruh Indonesia.

Konsep eco city ini menawarkan kota yang sehat, ramah lingkungan, dan berkelanjutan.

”Kami ingin turut serta menciptakan keadilan di bidang pertanahan serta terciptanya ekonomi berkeadilan di PPU, tapi kami tidak bisa sendirian. Oleh karena itu kami menggandeng J Trust Consulting Indonesia dan J Trust Bank untuk mengajak investor Jepang berinvestasi di sana dan di HPL kami lainnya di kemudian hari. Menciptakan lapangan pekerjaan serta menjadi mercusuar bagi pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Sehingga kedua negara bisa menjadi motor penggerak kemajuan ekonomi Asia,” ujar Parman.

Badan Bank Tanah merupakan badan khusus yang dibentuk oleh pemerintah pusat dan diberi kewenangan untuk menjamin ketersediaan tanah dalam rangka ekonomi berkeadilan untuk kepentingan umum, kepentingan sosial, kepentingan pembangunan nasional, pemerataan ekonomi, konsolidasi lahan, dan reforma agraria.

Baca juga: Bank Tanah siapkan 1.000 hektare bangun kota ramah lingkungan Penajam

Sementara itu, Direktur Utama J Trust Consulting Indonesia Takeshi Ikeda menyampaikan Melalui MoU dengan Badan Bank Tanah ini pihaknya dapat berkontribusi pada ekonomi Indonesia serta mendukung pembangunan Ibu Kota Negara baru dan juga tentunya pada pengembangan program dan kegiatan ekonomi dari para investor asal Jepang.

Direktur Bisnis J Trust Bank Widjaja Hendra menyampaikan terima kasih kepada Badan Bank Tanah atas kesempatan yang diberikan kepada J Trust Bank untuk dapat berkontribusi pada proyek Penajam Eco City di Penajam Paser Utara, yang keberadaannya mendukung pengembangan Ibu Kota Negara yang baru yaitu Nusantara.

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024