Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo mengajak sejumlah menteri blusukan di Pasar Pata, Katingan, Kalimantan Tengah, di sela kunjungan kerja di provinsi tersebut, Rabu.

Berdasarkan pantauan, Kepala Negara tampak didampingi Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, serta Kepala Badan Pangan Arief Prasetyo Adi, tiba di Pasar Pata sekitar pukul 14.12 WIB.

Baca juga: Pedagang Sampit terharu terima bantuan langsung dari Presiden Jokowi

Presiden disambut antusias para pedagang dan masyarakat yang telah menunggu di lokasi. Presiden tampak memberikan bantuan kepada pedagang serta melayani permintaan swafoto dengan masyarakat.

Sebelumnya, Presiden juga meninjau harga kebutuhan pokok di Pasar Pusat Perbelanjaan Mentaya, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah.

Selain memberikan bantuan, kunjungan Presiden ini bertujuan untuk memastikan stabilitas harga dan ketersediaan bahan pangan di seluruh wilayah Indonesia.

Di Pasar Pusat Perbelanjaan Mentaya, Presiden mendapati harga-harga kebutuhan pokok baik.

Baca juga: Grace: Makan Bergizi bentuk nyata keberlanjutan program kemasyarakatan

"Tadi bawang merah Rp40 (ribu per kg), bawang putih Rp40 ribu, ayam Rp38 ribu, ya sama dengan di Jawa, bagus. Yang saya lihat tadi bagus. Cabai juga tadi Rp45 (ribu per kg), cabai rawit juga bagus, sama seperti di Jawa, bagus," ujar Presiden.

Presiden juga memastikan bahwa distribusi bahan pangan dari Jawa ke Kalimantan berjalan lancar.

Hal tersebut tercermin dari stabilnya harga bahan-bahan pokok di Kotawaringin Timur meskipun bahannya dipasok dari Jawa.

Baca juga: Jokowi tinjau pasar di Kotawaringin Timur pastikan harga pangan stabil

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Sambas
COPYRIGHT © ANTARA 2024