Jakarta (ANTARA) -
Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Cipayung, Jakarta Timur, menggelar Festival Musim Panas Jepang atau "Natsu Matsuri" mulai Sabtu (29/6) hingga Minggu (7/7) untuk menyemarakkan 
liburan sekolah.
 
"'Natsu Matsuri' ini merupakan kolaborasi budaya Jepang dan budaya Indonesia," kata Direktur Utama Arsipro, Andy Sadrudin Rohardian selaku penyelenggara "Festival Natsu Matsuri" di TMII, Jakarta Timur, Rabu.

​​​​​​Kebetulan saat ini sedang libur sekolah. "Jadi diharapkan tradisi dan budaya Jepang dapat dikenalkan kepada anak-anak saat liburan," katanya.
 
Menurut dia, pada festival itu para pengunjung TMII bisa melihat pertunjukan yang menggabungkan antara seni kontemporer dan seni tradisional Jepang.
 
Pada hari pertama "Natsu Matsuri", yaitu Sabtu (29/6), acara dibuka dengan "fun run" di area TMII dengan jarak lima kilometer (km) yang diikuti sekitar 1.500 peserta.

Baca juga: Pengunjung TMII capai 40 ribu orang selama libur Idul Adha
 
Para pelari akan menggunakan "cosplay" atau kostum khas Jepang. "Saat ini kuota pelari sudah penuh, pengunjung yang tidak mendapatkan kesempatan untuk ikut 'fun run', bisa melihat kemeriahannya," kata dia.
 
Acara "fun run" itu akan dimeriahkan oleh beberapa grup musik dan musisi papan atas, seperti JKT48, J-Rocks, Payung Teduh dan salah satu band asal Jepang.
 
Tak hanya itu, saat "Festival Natsu Matsuri":juga ada acara Bon Odori (tarian tradisional Jepang), penampilan Taiko (tabuh drum), parade Omikoshi (arak-arakan kuil portable) dan bazar kuliner.

VP Marketing Communications TMII, Erika Silviana mengatakan, dalam rangka pekan liburan sekolah, pihaknya telah menyiapkan sejumlah acara dengan tema "Kumpul Bocah" mulai 22 Juni hingga 7 Juli 2024.

"Festival ini menampilkan berbagai rangkaian acara seperti Festival Kumpul Bocah di Plaza Lokomotif seperti 'bubble party', 'face painting', permainan tradisional anak, 'story telling' serta 'art and craft'," katanya.

Baca juga: Kreasi budaya Pakualaman tampil di TMII Jakarta
 
Direktur Utama Arsipro, Andy Sadrudin Rohardian selaku penyelenggara Natsu Matsuri (paling kiri), didampingi Direktur Komersial TMII Ratri Paramita dan VP Marketing Communications TMII Erika Silviana saat jumpa pers di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta Timur, Rabu (26/6/2024). Selama libur sekolah, TMII menggelar sejumlah acara kumpul bocah dan Festival Musim Panas Jepang "Natsu Matsuri" sejak 29 Juni hingga 7 Juli 2024. ANTARA/Syaiful Hakim
Selain itu, ada Festival Musim Panas Jepang (Natsu Matsuri) yang digelar pada 29 Juni sampai 7 Juli di area Plaza Barat TMII, dekat Keong Mas.
 
"Kita bisa lihat kebudayaan Jepang di Indonesia. 'Natsu Matsuri' ini yang pertama di TMII, ke depan sampai akhir tahun kita akan banyak agenda yang sifatnya besar juga," katanya.
 
Selain itu pada pertunjukan budaya, pengunjung dapat menyaksikan ragam tari-tarian khas daerah dalam acara "Soul of Youth' setiap sore di Plaza Kori Agung. Kemudian pertunjukan tirta menari setiap hari pukul 10.00 WIB, 13.00 WIB, dan 16.00 WIB.
 
"Pertunjukan tirta cerita setiap hari pukul 18.30 WIB di Plaza Promenade, danau archipleago TMII. Kemudian pagelaran pertunjukan tari kecak pada Minggu (30/6) dan berbagai acara menarik lainnya," ujarnya.
 
Direktur Komersial TMII, Ratri Paramita mengatakan, di penghujung acara akan dilaksanakan kegiatan ruwatan akbar pada tanggal 7 Juli 2024.
 
Selain acara-acara menarik yang telah disiapkan, kata dia, para pengunjung juga dapat menikmati keindahan TMII dari atas dengan menaiki kereta gantung.

Baca juga: Pengunjung TMII meningkat selama libur panjang akhir pekan
 
Ketika menaiki kereta gantung, pengunjung akan dapat melihat dan berinteraksi dengan satwa-satwa endemik di Taman Burung, Museum Komodo dan Dunia Air Tawar dan Serangga dan ragam budaya lewat anjungan-anjungan daerah.
 
Selama pekan liburan sekolah, TMII juga memberikan promo diskon tiket masuk menjadi Rp25.000 per orang, dari yang biasanya mulai Rp35.000 per orang.
 
Selain itu, juga ada promo bundling tiket masuk dan naik kereta gantung sekali trip, harganya mulai Rp80.000 per orang.
 
Namun, bagi pengunjung yang ingin naik kereta gantung lebih hemat, bisa beli tiket naik kereta gantung sepuasnya, dengan harga Rp100.000 per orang.
 
Ly ada promo bundling tiket masuk tiga museum di TMII, yaitu ke Museum Indonesia, Museum Pusaka dan Museum Contemporary Art Gallery, harganya sebesar Rp40.000 per orang.

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2024