Solo (ANTARA) - Salah satu perusahaan swasta ikut berperan mempercantik objek wisata Pura Mangkunegaran Surakarta, Jawa Tengah.

Regional Sales Manager Nippon Paint Indonesia Marsellino Najoan di Solo, Rabu, mengatakan yang dilakukan oleh perusahaan cat tersebut adalah mengecat ulang beberapa bagian Pura Mangkunegaran.

Ia mengatakan beberapa area tersebut di antaranya pamedan, pendapa ageng, dan area tempat tinggal keluarga Mangkunegaran.

"Apalagi saat ini Pamedan Mangkunegaran juga merupakan salah satu lokasi yang sering digunakan untuk pelaksanaan event di Kota Surakarta. Selain itu, juga terdapat pendapa ageng yang merupakan salah satu pendapa terbesar di Indonesia," katanya.

Baca juga: Polisi gelar bersih-bersih di Pura Dalem Purnajati Tanjung Puri

Ia mengatakan luas area yang dicat mencapai 2.682 m2 dan menggunakan 1.273 liter cat weatherbond max untuk memperindah tampilan bangunan Mangkunegaran agar makin tampak gagah.

Sementara itu, dipilihnya Pura Mangkunegaran karena merupakan salah satu pusat kebudayaan Jawa yang terletak di Kota Surakarta.

"Saat ini Mangkunegaran sangat terbuka terhadap kerja sama pemajuan kebudayaan, baik adat-istiadat dan tradisi maupun kontemporer. Tingginya kunjungan wisatawan lokal dan mancanegara merupakan bentuk apresiasi dari masyarakat kepada Mangkunegaran dan juga bukti tingginya minat masyarakat luas pada kebudayaan nusantara," katanya.

Baca juga: Jakbar perbarui cat kanstin dan tiang besi di Grogol

Pada kesempatan yang sama, penguasa Pura Mangkunegaran KGPAA Mangkunegara X mengapresiasi kegiatan tersebut.

"Harapannya program ini menjadi inspirasi bagi berbagai pihak untuk turut serta dalam upaya pelestarian cagar budaya. Selain itu, memberikan nilai tambah bagi destinasi wisata di Kota Surakarta," katanya.

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024