Jakarta (ANTARA) - Manajemen Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, menargetkan jumlah pengunjung selama liburan sekolah mencapai 300 ribu orang.

"Target pengunjung selama dua minggu (pada periode pekan libur sekolah) sebanyak 300.000 pengunjung," kata Direktur Komersial TMII, Ratri Paramita saat jumpa pers di TMII, Cipayung, Jakarta Timur, Rabu.

Dia menargetkan pada hari biasa (week day) saat libur sekolah jumlah pengunjung mencapai 16 ribu orang, sementara pada Sabtu dan Minggu (weekend) pada liburan sekolah jumlah pengunjung mencapai 20 ribu orang.

Hal itu lantaran TMII menggelar berbagai acara selama libur sekolah, seperti kumpul bocah dan Festival Musim Panas Jepang atau "Natsu Matsuri" mulai Sabtu (29/6) hingga Minggu (7/7) di area Plaza Barat TMII, dekat Keong Mas.

Pada hari perdana festival itu, kata dia, akan digelar "Fun Run" mengelilingi TMII dengan jarak 5 kilometer, yang akan dimeriahkan beberapa grup musik dan musisi papan atas, seperti JKT48, J-Rocks, Payung Teduh dan salah satu band asal Jepang.

Baca juga: Semarakkan libur sekolah, TMII gelar Festival Musim Panas Jepang 

Tak hanya itu, saat "Festival Natsu Matsuri" juga ada acara Bon Odori (tarian tradisional Jepang), penampilan Taiko (tabuh drum), parade Omikoshi (arak-arakan kuil portable) dan bazar kuliner.

Untuk mengantisipasi penumpukan pengunjung di shuttle bus listrik di TMII, pihaknya akan menambah 10 armada.

"Saat ini jumlah armada (bus listrik) mencapai 35 unit, nanti kita tambah 10 armada saat libur sekolah," kata Ratri.

Sementara untuk parkir kendaraan,
kata dia, tidak ada masalah karena TMII memiliki lahan yang sangat luas.

Baca juga: Libur panjang, pengunjung TMII diperkirakan capai 15 ribu orang
 
Sejumlah pengunjung tengah melintas di depan wahana Keong Mas di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Cipayung, Jakarta Timur, Rabu (26/6/2024). TMII menargetkan 300 ribu pengunjung selama liburan sekolah. ANTARA/Syaiful Hakim

Selama pekan liburan sekolah, TMII juga memberikan promo diskon tiket masuk menjadi Rp25.000 per orang, dari yang biasanya mulai Rp35.000 per orang.

Selain itu, juga ada promo bundling tiket masuk dan naik kereta gantung sekali trip, harganya mulai Rp80.000 per orang.

Namun, bagi pengunjung yang ingin naik kereta gantung lebih hemat, bisa beli tiket naik kereta gantung sepuasnya, dengan harga Rp100.000 per orang.

Serta, ada promo bundling tiket masuk tiga museum di TMII, yaitu ke Museum Indonesia, Museum Pusaka, dan Museum Contemporary Art Gallery, harganya sebesar Rp40.000 per orang.

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2024