Jakarta (ANTARA) - Ikatan Saudagar Muslim se-Indonesia (ISMI) kembali dipimpin oleh Ilham Akbar Habibie sebagai Ketua Umum terpilih untuk lima tahun yang dimulai dari 2023 hingga 2028.

Ilham Habibie dilantik beserta Majelis Pengurus Pusat (MPP) ISMI Periode 2023-2028 yang disaksikan ratusan anggota ISMI di Balairung Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Jakarta, pada Rabu (26/6), kata siaran pers ISMI di Jakarta, Rabu.

ISMI telah mengadakan Musyawarah Nasional (Munas) ke-3 yaitu forum tertinggi organisasi yang diadakan setiap 5 tahun sekali pada akhir 2023. Pada Munas ketiga tersebut telah terpilih kembali untuk menjadi Ketua Umum ISMI yaitu Ilham Akbar Habibie,

Baca juga: Ilham Habibie singgung histori keluarga setelah diusung Pilkada Jabar

Dalam pidato saat pelantikan MPP ISMI, Ilham Habibie mengatakan peran usaha kecil menengah (UKM) sangat penting untuk mencapai Indonesia Maju pada 2045.

“Program ISMI ke depan selalu mendukung usaha kecil menengah (UKM). Yang kita dukung selama ini UKM di bidang agro, properti, dan perdagangan. Kalau ke depan, lima tahun mendatang kita akan mendorong UKM menjadi IKM,” kata Ilham Habibie.

Menurut dia, untuk mencapai tujuan besar mencapai Indonesia Emas pada 2045 maka harus memperkuat industri. IKM memiliki peran dalam hal ini. IKM berperan dalam ekosistem industri tersebut.

Ia sangat meyakini peran industri menjadi kunci Indonesia menjadi negara maju. Ia mencontohkan negara-negara maju, terutama negara maju di Asia. Negara-negara tersebut memiliki karakteristik yang mirip.

“Kita sama-sama sadari di dunia ini sudah banyak negara yang maju. Dan mereka itu punya sifat yang mirip-mirip. Mereka punya engine atau motornya adalah industri. Jadi kalau kita lihat di Asia khususnya kita lihat Jepang, Korea Selatan, Tiongkok, mereka maju karena industrinya,” katanya.

Baca juga: Pakar: Ilham Habibie akan mengedepankan rekam jejak daripada status

Oleh karena itu, kata Ilham Habibie, dengan semangat yang sama, ISMI akan terus mendorong semangat industrialisasi, khususnya IKM dengan berbagai program-program yang disiapkan untuk masa 5 tahun kepengurusan ini.

Ikatan Saudagar Muslim se-Indonesia adalah sebuah organisasi perkumpulan saudagar Muslim se-Indonesia yang didirikan pada 2012 oleh 4 Ormas besar di Indonesia yaitu NU, Muhammadiyah, MUI dan ICMI.

ISMI didirikan dengan tujuan untuk mewujudkan dunia usaha nasional yang kuat dan berdaya saing tinggi demi menciptakan masyarakat yang sejahtera secara materil dan spiritual.
 

Pewarta: Ahmad Buchori
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024