Jakarta (ANTARA) - Kapal perang Indonesia KRI Raden Eddy Martadinata (REM)-331 tiba di Pearl Harbour, Hawaii, Amerika Serikat, Rabu, untuk mengikuti Latihan Bersama Rim of Pacific (Latma Rimpac) Tahun 2024 pada 26 Juni - 2 Agustus.

KRI REM-331 tiba di perairan Hawaii setelah berlayar mengarungi Samudera Pasifik dari Pangkalan Angkatan Laut Amerika Serikat di Guam.

Baca juga: KRI R. E. Martadinata berlayar ke Hawaii ikut Latma Rimpac 2024

Dinas Penerangan TNI Angkatan Laut dalam siaran resminya yang dikonfirmasi di Jakarta, Rabu, menjelaskan kedatangan KRI REM-331 di Pearl Harbour disambut oleh Atase Laut RI di Washington D.C., Kolonel Laut (P) Yano dan Komandan Kapal Perang Amerika Serikat USS Shiloh Captain Cheatham.

Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Latma Rimpac 2024, yang juga Komandan KRI Raden Eddy Martadinata-331, Kolonel Laut (P) Adam Tjahja S pun mengundang Atase Laut RI dan Komandan USS Shiloh untuk naik ke atas kapal perang Indonesia itu.

Dalam pelayaran menuju Pearl Harbour, KRI REM-331 juga sempat berlatih dengan kapal perang AS USNS Pecos di Samudera Pasifik, Selasa (25/6). Dua kapal itu berlatih perbekalan dan pengisian bahan bakar di tengah laut — juga dikenal sebagai replenishment at sea (RAS).

Baca juga: KRI Martaditana uji tembak Meriam 76 di utara Laut Jawa

Dinas Penerangan TNI AL dalam siaran resmi yang sama menjelaskan kemampuan RAS penting dikuasai pengawak kapal perang karena RAS bertujuan menghemat waktu, terutama saat kapal tengah menjalankan tugas operasi. RAS juga dapat memperpanjang ketahanan kapal saat operasi di laut karena tidak perlu kembali ke pangkalan untuk mengisi bekal atau bahan bakar.

Komandan KRI REM-331 menyebut latihan antara kapal KRI ini dan USNS Pecos berjalan lancar sesuai rencana.
Kapal perang Republik Indonesia KRI Raden Eddy Martadinata-331 berlatih mengisi bahan bakar di tengah laut (RAS) bersama kapal perang Angkatan Laut AS USNS Pecos di Samudera Pasifik, Selasa (25/6/2024). ANTARA/HO-Dinas Penerangan TNI AL.


Dalam rangkaian Latma Rimpac 2024, KRI REM-331 bakal mengikuti sesi latihan fase pangkalan (harbour phase) dan fase laut (sea phase). Dalam fase laut, KRI REM-331 bersama kapal perang dari negara-negara peserta bakal berlatih selama tiga pekan tanpa sandar ke pangkalan.

Beberapa materi latihan yang akan diikuti KRI REM-331 bersama kapal-kapal perang dari Amerika Serikat dan negara-negara peserta lainnya mencakup latihan formasi (PubEx) dan latihan formasi untuk foto udara (PhotoEx), kemudian latihan evakuasi medis, simulasi pertahanan dari serangan udara, dan ScreenEx.

Baca juga: TNI AL persiapkan KRI R. E. Martadinata untuk RIMPAC 2024 di Hawaii

KRI R. E. Martadinata-331, yang merupakan kapal perang dari Komando Armada II TNI Angkatan Laut, berlayar meninggalkan markasnya di Surabaya menuju Hawaii sejak 31 Mei 2024 dengan rute Surabaya-Bitung-Guam-Hawaii.

Latma Rimpac merupakan latihan yang rutin digelar tiap dua tahun sekali oleh Komando Indo-Pasifik Angkatan Laut AS. Peserta Latma Rimpac 2024 sebanyak 29 negara yang terlibat, yaitu AS sebagai tuan rumah, Indonesia, Australia, Belgia, Brazil, Brunei Darussalam, Kanada, Chile, Kolombia, Denmark, Ekuador, dan Prancis.

Kemudian, ada Jerman, India, Italia, Jepang, Malaysia, Meksiko, Belanda, Selandia Baru, Peru, Korea Selatan, Filipina, Singapura, Sri Langka, Thailand, Tonga, Inggris, dan Israel.

Latihan itu melibatkan 40 kapal perang permukaan, tiga kapal selam, pasukan Marinir dari 14 negara, 150 pesawat, dan total 25.000 lebih prajurit dari angkatan laut berbagai negara.

Baca juga: KRI REM-331 latihan peperangan anti-kapal selam saat layar di Pasifik
Baca juga: KRI REM dan KRI DPN gelar shalat Ied Adha saat layar di luar negeri
Baca juga: KRI REM-331 terima pembekalan di Guam sebelum berlayar ke Hawaii

 

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2024