Jakarta (ANTARA) - Beragam peristiwa bidang ekonomi terjadi pada Rabu (26/6), mulai dari SKK Migas: Proyek Forel Bronang dibidik berproduksi mulai Oktober, hingga Kemenhub: LRT Jakarta Fase 1B ditargetkan rampung kuartal ketiga 2026.

Berikut sajian berita bidang ekonomi yang dirangkum LKBN ANTARA.


SKK Migas: Proyek Forel Bronang dibidik berproduksi mulai Oktober

Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Dwi Soetjipto mengatakan bahwa Proyek Forel Bronang ditargetkan mulai berproduksi atau on-stream pada Oktober 2024, dengan kapasitas produksi diperkirakan mencapai 10 ribu BOPD dan gas sebanyak 43 MMSCFD.

“Insya Allah, Oktober mungkin (Forel Bronang) on-stream,” ujar Dwi Soetjipto ketika ditemui di Kantor Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jakarta, Rabu (26/6).

Selengkapnya baca di sini.


Kemenparekraf pilih Manado Scuba wakili Indonesia ajang BtoB di China

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI mengundang Manado Scuba (MS) mewakili Indonesia mengikuti ajang meeting B-to-B dengan para pebisnis pariwisata di China pada 27 Juni 2024, di Andaz Xintiandi Shanghai.

"Kami mendapat undangan resmi dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI menjadi salah satu peserta dalam kegiatan bisnis di China," kata Pemilik Manado Scuba Katiman Herlambang, di Manado, Sulawesi Utara, Rabu (26/6).

Selengkapnya baca di sini.


KESDM: Ormas agama yang kelola tambang wajib bayar kompensasi

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengatakan bahwa badan usaha organisasi masyarakat (ormas) keagamaan yang mengelola wilayah izin usaha pertambangan khusus (WIUPK) wajib membayar Kompensasi Data dan Informasi (KDI), sebagaimana pengelola wilayah tambang lainnya.

“Jadi, nanti kalau sudah ditentukan siapa yang akan menggunakan wilayah tersebut, tentunya ada kewajiban membayar yang namanya KDI atau Kompensasi Data dan Informasi,” ujar Staf Ahli Bidang Ekonomi Sumber Daya Alam Kementerian ESDM Lana Saria.

Selengkapnya baca di sini.


​​​​​​​ASDP percepat pembangunan infrastruktur di Pelabuhan Merak

PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) terus mempercepat pembangunan dan pengembangan infrastruktur di Pelabuhan Merak, Banten untuk meningkatkan kualitas pelayanan bagi pengguna jasa.

Corporate Secretary ASDP Shelvy Arifin dalam keterangan tertulisnya di Merak, Rabu (26/6), mengatakan bahwa Pelabuhan Merak, yang terletak di ujung barat Pulau Jawa, merupakan pintu gerbang utama bagi konektivitas dan arus logistik antara Pulau Jawa dan Sumatera.

Selengkapnya baca di sini.


Kemenhub: LRT Jakarta Fase 1B ditargetkan rampung kuartal ketiga 2026

Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyampaikan bahwa progres pengerjaan Lintas Rel Terpadu (LRT) Jakarta Fase 1B Velodrome-Manggarai ditargetkan rampung pada kuartal ketiga tahun 2026.

"Kami optimistis proyek ini dapat segera selesai dan dioperasikan pada awal 2027. Harapan kami pada kuartal ketiga 2026 sudah dapat dinikmati oleh publik,” kata Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Risal Wasal di Jakarta, Rabu (26/6).

Selengkapnya baca di sini.

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: Evi Ratnawati
COPYRIGHT © ANTARA 2024