Medan (ANTARA) - Penjabat Gubernur Sumatera Utara Agus Fatoni melakukan kunjungan kerja ke Komando Daerah Militer (Kodam) I Bukit Barisan membahas persiapan pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 Aceh-Sumut.

"Kehadiran kami untuk berdiskusi terkait Provinsi Sumut, karena pada tahun ini ada pelaksanaan PON sehingga perlu dilakukan diskusi serta menerima masukan dari Pangdam selaku senior yang sudah lama bertugas di provinsi ini," ujar Agus Fatoni usai berkunjung ke Kodam I Bukit Barisan, di Medan, Kamis.

Dia mengatakan kunjungan ini merupakan bentuk komitmen dalam menyukseskan ajang olahraga terbesar di Indonesia tersebut.

Menurutnya, dukungan dan kolaborasi antarpemangku kebijakan sangat diperlukan, sehingga pelaksanaan ajang olahraga nasional nantinya berjalan sesuai yang telah direncanakan.

"Saya sudah mengikuti sejak lama persiapan pelaksanaan PON 2024. Kekompakan harus tetap terjaga. Kita punya tanggung jawab sama dan daya saling dukung, karena ini penting. Komunikasi setiap Forkopimda harus tetap terjalin," kata dia.

Untuk itu, dia mengajak seluruh elemen masyarakat bergandeng tangan untuk bersama-sama bekerja dalam mewujudkan kesuksesan ajang olahraga nasional tersebut.

Baca juga: PB PON Sumut sediakan 967 armada transportasi untuk PON 2024
Baca juga: PB PON Sumut undang perwakilan KONI- Kontingen bahas persiapan PON


"PON 2024 akan membuat nama Provinsi Sumut harum jika itu sukses dilaksanakan. Namun sebaliknya, jika tidak dilakukan dengan baik, maka keharuman tersebut tidak akan didapatkan. Mari berkolaborasi demi nama baik Sumut ," sebut dia.

Sebelumnya, mantan Penjabat Gubernur Sumatera Selatan itu meninjau sejumlah arena PON 2024 di Sport Centre Desa Sena, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.

Dia dilantik sebagai penjabat Gubernur Sumatera Utara pada Senin pekan ini. Peninjauan ini pertama kali dilakukan Agus Fatoni yang didampingi unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah wilayah itu.

Dia mengaku persiapan sejumlah arena di Sumatera Utara, khususnya Stadion Utama Sumatera Utara, berjalan baik.

"Sarana dan prasarana yang ada di lokasi ini sudah berjalan dengan baik. Saya memastikan arena PON 2024 akan selesai pada akhir Juli 2024," ujar dia.

Sementara itu, Pangdam I Bukit Barisan Mayjen TNI Mochmmad Hasan menyebut bahwa Sumatera Utara memiliki masyarakat yang heterogen yang sangat mendukung pembangunan di wilayah ini.

"Sumut dihuni oleh masyarakat yang heterogen sehingga lebih dinamis. Kemudian, masyarakat Sumut juga sangat mendukung adanya pembangunan, seperti jalan tol yang jaraknya terbilang panjang," ujar Hasan.

Dalam kesempatan itu, Hasan juga menyampaikan bahwa provinsi ini juga pernah menyukseskan ajang olahraga nasional itu saat menjadi tuan rumah PON tahun1953.

“Tahun 1953, Sumut menjadi tuan rumah PON ketiga.Tahun itu PON berjalan sukses. Saya harap tahun ini juga begitu. PON adalah poin of view-nya pemerintahan sekarang. Bagi kami venue sudah jadi fokus kita," kata dia.

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2024