Jakarta (ANTARA) - Pengamat sepak bola Indonesia Muhammad Kusnaeni mengatakan timnas Indonesia harus disiapkan sebaik mungkin untuk menghadapi lawan-lawan yang cukup berat pada laga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

"Semua grup sama beratnya bagi Indonesia. Tidak ada grup yang lebih mudah. Untuk itu, fokus saja mempersiapkan tim sebaik mungkin," ujar Kusnaeni dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis.

Timnas Indonesia tergabung pada Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia bersama raksasa Asia Jepang, Australia, Arab Saudi, Bahrain, dan China pada undian babak grup yang digelar di Kuala Lumpur, Malaysia.

Kusnaeni mengatakan, hasil undian grup tidak bisa dikatakan menguntungkan atau merugikan bagi timnas Indonesia. Pada dasarnya, di grup manapun Indonesia akan menghadapi lawan-lawan yang sama beratnya.

Baca juga: Jadwal Timnas Indonesia di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026

Skuad asuhan pelatih Shin Tae-yong (STY) sudah pernah menghadapi Australia di Piala Asia dan tidak mudah mengalahkan mereka.

Demikian pula Jepang bukanlah lawan yang mudah dikalahkan, apalagi Jepang adalah tim dengan peringkat FIFA terbaik di Asia.

Untuk itu, kata dia, skuad Garuda harus dipersiapkan sebaik mungkin saja melalui latihan, agenda uji coba yang bagus, penambahan pemain baru berkualitas.

"Sinkronkan juga agenda liga dengan persiapan timnas sehingga pemusatan latihan jadi efektif," ujarnya.

Ia menambahkan, apabila pelatih STY tidak bisa membawa tim menembus dua posisi teratas di Grup C, maka ia berharap publik Indonesia tidak berkecil

"Kita berharap masih ada kesempatan di putaran keempat," pungkasnya.

Laga putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 akan diikuti sebanyak 18 timnas yang terdiri dari tiga grup, masing-masing berisi enam timnas.

Tim yang meraih peringkat satu dan dua di grup akan mengantongi tiket untuk berkompetisi pada Piala Dunia 2026. Sementara, peringkat tiga dan empat akan terbagi lagi dalam dua grup yang memperebutkan peringkat pertama agar tampil dalam kompetisi sepak bola tertinggi dunia.


Baca juga: Putaran ketiga, Indonesia satu grup bersama Jepang dan Australia

Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2024