Medan (ANTARA) - Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional Provinsi Sumatera Utara (PB PON Sumut) menyediakan sebanyak 12 unit bus untuk media/pers yang melakukan peliputan pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 di wilayah ini.

Ketua Bidang Transportasi PB PON Sumut Agustinus mengatakan bahwa pihaknya
menyediakan sebanyak 967 armada transportasi pada pelaksanaan ajang nasional tersebut.

"Dari total armada itu, sebanyak 12 unit bus disediakan untuk media atau pers yang akan bertugas di PON Sumut," ujar Agustinus, di Medan, Kamis.

Agustinus menjelaskan para awak media akan menggunakan bus berukuran sedang atau berkapasitas 24 kursi yang akan tersebar di sejumlah kabupaten/kota tempat diselenggaranya PON 2024.

"Kami menyediakan lima kategori dalam pelayanan transportasi PON. Para media akan menggunakan bus ukuran sedang atau jenis T 4," kata dia.

Dalam pelaksanaan PON, kata dia, pihaknya menyediakan lima kategori yang akan melayani sesuai kebutuhan yang telah ditetapkan.

Adapun lima kategori tersebut akan melayani tamu undangan VVIP, kontingen atlet, ofisial, angkutan logistik maupun peralatan dan yang lainnya.

"Kita istilahkan kategori itu T I sampai dengan T5. Kategori itu akan melayani sesuai kebutuhan yang telah ditetapkan," ujar nya.

Agustinus yang juga merupakan Kepala Dinas Perhubungan Sumut itu menuturkan 967 transportasi yang disiapkan terdiri dari 394 unit minibus, 227 bus kapasitas 14 kursi, 326 bus ukuran sedang, 15 mobil box dan lima unit mobil angkutan atau truck.

"Nantinya, transportasi itu akan dioperasikan sejak H-3 hingga H+2 PON 2024. Artinya, para kontingen hadir di H-3 sudah mendapatkan fasilitas transportasi," sebut dia.

Dia mengatakan transportasi tersebut akan melayani sebanyak 34 cabang olahraga, 46 disiplin cabang olahraga, 527 nomor pertandingan, 6.281 atlet, 3.142 ofisial dan 5.600 panitia pelaksana cabang olahraga.

"Transportasi akan tersebar di 10 kabupaten/kota yang melayani sebanyak 34 arena PON 2024. Total keseluruhan peserta sebanyak 15.023 orang," ujar dia.

Baca juga: PB PON Sumut sediakan 967 armada transportasi untuk PON 2024

Baca juga: Aceh siapkan rumah warga hingga kos-kosan untuk pendukung tim PON

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2024