Jakarta (ANTARA) - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bintang Puspayoga mengatakan perempuan mempunyai peran penting dalam sebuah perubahan dan pembangunan.

"Potensi yang ada pada perempuan pada hakikatnya tidak berbeda seperti yang dimiliki laki-laki terutama apabila kita lihat di berbagai peran-peran sosial masyarakat," kata Menteri Bintang Puspayoga dalam keterangan, di Jakarta, Kamis.

Menurut dia, melalui berbagai profesi yang bisa diraih perempuan, terdapat kisah sukses dan perjuangan para perempuan Indonesia di berbagai bidang yang bisa disampaikan kepada masyarakat agar menjadi inspirasi.

"Kita mengenali bahwa banyak keberhasilan perempuan yang telah dicapai, kita masih membutuhkan banyak role model di sekitar kita akan keberhasilan perempuan," katanya.

Bintang Puspayoga meyakini saat ini ada banyak perempuan yang inspiratif, baik di desa dan kota, baik yang berperan dalam keluarga, ekonomi, sosial, budaya, olahraga, engineering, dan berbagai bidang lainnya, bahkan yang sering diidentikkan sebagai dunianya laki-laki, perempuan mampu berhasil di bidang tersebut.

Baca juga: Menteri PPPA: Perempuan dan anak pilar upaya peningkatan kualitas SDM
Baca juga: Menteri Bintang serukan sinergi perangi kekerasan seksual di kampus


"Cerita-cerita superhero perempuan yang telah berhasil membawa perubahan di sekitar kita perlu terus diangkat, agar turut mengedukasi masyarakat bahwa perempuan mempunyai kemampuan yang sama untuk berkontribusi dalam pembangunan," katanya.

Pihaknya meyakini dengan memaksimalkan potensi perempuan, perempuan dapat berdaya secara ekonomi dan turut serta meningkatkan kesejahteraan keluarganya, memberikan nutrisi dan pendidikan yang layak bagi anak-anaknya.

Bintang Puspayoga menambahkan kesejahteraan perempuan dalam keluarga juga meminimalisir terjadinya kekerasan, praktek-praktek eksploitasi anak, dan perkawinan anak yang lekat dengan masalah kemiskinan.

"Dalam jangka panjang, berdaya-nya seorang perempuan akan meningkatkan pembangunan berkelanjutan. Dibutuhkan dukungan, sinergi, dan kolaborasi dari berbagai pihak dalam mewujudkan pemberdayaan perempuan," katanya.

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2024