Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Pusat menormalisasi saluran air di Jalan Pintu Besi I, RW 05 Kelurahan Pasar Baru, Kecamatan Sawah Besar, untuk mencegah banjir atau genangan di lokasi tersebut.
 
"Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Pusat melakukan normalisasi saluran air di Jalan Pintu Besi I, RW 05 Kelurahan Pasar Baru, Kecamatan Sawah Besar," kata Kepala Satuan Pelaksana (Satpel) SDA Kecamatan Sawah Besar, Yusuf Sumardani saat dikonfirmasi di Jakarta, Jumat.

Ditargetkan pekerjaan tersebut rampung pekan ini. Kegiatan normalisasi itu untuk menindaklanjuti usulan warga melalui musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) 2024.

Namun, jajaran Suku Dinas SDA Jakarta Pusat menindaklanjutinya menjadi usulan langsung untuk dikerjakan di tahun 2024. "Warga meminta normalisasi lantaran aliran air di saluran tidak mengalir dan kerap memicu genangan saat terjadi hujan deras," ujar Yusuf.
 
Setelah dilakukan penelusuran lokasi, kata Yusuf, diketahui kondisi saluran mengalami penurunan. Akibatnya aliran air dari saluran di Jalan Pintu Besi I tidak dapat mengalir ke saluran penghubung Jalan Lautze Raya.

Baca juga: Jaksel bangun saluran air di sembilan lokasi untuk cegah banjir
Baca juga: Jakpus keruk saluran di Jalan Kramat untuk cegah banjir
 
Secara teknis, pihaknya  harus melakukan normalisasi dengan melakukan peninggian saluran. Lalu, tingkat elevasi menjadi sesuai dan air dari saluran mikro bisa dialirkan ke saluran makro tersebut.
 
Pengerjaan ini sudah dilaksanakan sejak Kamis (6/6) lalu. Kegiatan ini melibatkan sebanyak sekitar 10 orang Satuan Tugas (Satgas) SDA Jakarta Pusat dibantu satu unit alat berat mini ekskavator.
 
Menurut Yusuf, pekerjaan teknis lapangan tidak mengganti "U-ditch' (saluran terbuka) yang sudah terpasang di saluran. Pekerjaan dilakukan terhadap saluran sepanjang sekitar 53 meter. "Sudah sekitar 85 persen. Targetnya akhir Juni ini rampung," kata Yusuf.
 
Suku Dinas SDA Jakarta Pusat juga melakukan normalisasi saluran di Gang Alfalah Jalan Pramuka Sari 1, RT 10/08 Kelurahan Rawasari, Kecamatan Cempaka Putih, untuk mencegah genangan saat hujan di lokasi tersebut.
 
Normalisasi saluran air juga sudah dilakukan di Jalan Petojo Sabangan XI, RT 12/04 Kelurahan Petojo Selatan, Gambir, Jakarta Pusat, yang dilakukan sejak akhir April 2024 dan selesai pada Jumat (17/5).
Baca juga: DKI keruk Kali Semongol untuk atasi banjir di Kamal

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2024