Bandung (ANTARA) - PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) mencatat jumlah penumpang harian terbanyak sejak dioperasikan secara komersial dengan sebanyak 22.249 penumpang yang menggunakan kereta cepat Whoosh yang terjadi pada Kamis (27/6).

General Manager Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa menyebutkan dari jumlah tersebut sebanyak 11.482 penumpang berangkat dari Stasiun Halim, 8.123 penumpang dari Stasiun Padalarang, dan 2.644 penumpang dari Stasiun Tegalluar.

“Angka ini menunjukkan kepercayaan masyarakat yang baik menjadikan Whoosh sebagai moda pilihan. Hal tersebut akan terus kami jaga untuk meningkatkan pelayanan Whoosh baik di stasiun maupun perjalanan,” kata Eva di Bandung, Jawa Barat, Jumat.

Eva mengatakan saat ini rata-rata harian volume penumpang Whoosh mencapai 17 ribu per hari. Adapun kenaikan volume pada akhir pekan ini juga dipengaruhi dengan adanya momen libur sekolah yang saat ini sudah mulai berlangsung.

“Banyak penumpang keluarga yang menggunakan Whoosh untuk berlibur di Jakarta maupun di Bandung,” katanya.

Dia menjelaskan peningkatan ini juga didukung melalui penambahan perjalanan Whoosh secara bertahap. Dari 14 perjalanan, 28 perjalanan, 36 perjalanan, 40 perjalanan, hingga 48 perjalanan per hari sejak Desember 2023.

Baca juga: KCIC berangkatkan 92.000 penumpang Whoosh pada periode libur Idul Adha

Baca juga: KCIC: 75 ribu tiket Whoosh terjual selama periode libur Idul Adha


"Perjalanan yang singkat, nyaman, serta memiliki ketepatan waktu yang tinggi menjadi nilai tambah sehingga masyarakat memilih Whoosh," kata dia.

Lebih lanjut, Eva menyebutkan secara bertahap rata-rata penumpang harian Whoosh Juga bertambah. Pada bulan Juni, rata-rata jumlah penumpang Whoosh per hari mencapai 17,2 ribu penumpang.

“Jumlah ini meningkat 3 persen jika dibandingkan rata rata harian penumpang di bulan Mei sebanyak 16,7 ribu atau meningkat 26 persen jika dibandingkan bulan April sebanyak 13,6 ribu penumpang per hari,” kata Eva.

KCIC mencatat sejak dioperasikan pada 17 Oktober 2023, jumlah penumpang Kereta Cepat Whoosh hingga saat ini telah mencapai 3,5 juta penumpang.

Dia menyebutkan pencapaian ini menunjukkan tingginya permintaan masyarakat akan transportasi umum yang modern dengan efisiensi waktu tempuh dan kenyamanan.

“Harapannya, akan semakin banyak masyarakat yang akan beralih dari transportasi pribadi ke transportasi publik yang ramah lingkungan,” kata dia.

Baca juga: Warga diminta tak terbangkan layang-layang di sekitar jalur Whoosh

Baca juga: KCIC catat 100 ribu tiket terjual selama libur panjang Waisak


Pewarta: Rubby Jovan Primananda
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2024