Cianjur (ANTARA) - Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, kembali mencatat seorang haji asal Cianjur atas nama Uci Sanusi (67) meninggal dunia selang beberapa jam sampai kembali ke Cianjur, sehingga jumlah haji meninggal dunia menjadi tiga orang.

Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah, Kemenag Cianjur Rian Fauzi di Cianjur ,Jumat, mengatakan Uci Sanusi warga Kampung Bojongpetir, Desa Sinagar, Kecamatan Tanggeung, menghembuskan nafas terakhir di RSUD Sayang Cianjur, Selasa (25/6).

Baca juga: 299 haji asal Kabupaten Siak tiba di Batam

“Haji yang meninggal dunia tergabung dalam Kloter 07 yang tiba di tanah air pada Selasa, mengalami sesak nafas saat diperjalanan menuju kampungnya di wilayah selatan atau di Kecamatan Tanggeung,” katanya.

Pihak keluarga sempat membawa Uci ke RSUD Sayang Cianjur, namun selang beberapa menit mendapat pertolongan medis, terpaksa dirujuk ke RSHS Bandung karena penyakit yang diderita sangat akut.

Belum sempat dirujuk Uci menghembuskan nafas terakhirnya, sehingga ungkap Rian, jumlah haji asal Cianjur yang meninggal dunia bertambah menjadi tiga orang, dua orang di antaranya meninggal di tanah suci usai mengikuti seluruh rangkaian haji.

"Tercatat haji asal Cianjur yang meninggal dunia bertambah menjadi tiga orang, harapan kami sampai kloter terakhir tidak ada lagi jamaah yang meninggal atau sakit," katanya.

Baca juga: Kemenkes: Jamaah haji non-reguler yang sakit tetap dilayani KKHI 

Sebelumnya Kemenag Cianjur, mencatat haji asal Cianjur yang meninggal dunia di tanah suci bertambah menjadi dua orang atas nama Neneh binti Iking (87) asal Kecamatan Pacet, Jumat (21/6) karena sakit.

Neneh merupakan haji dari Kloter KJS 22, meninggal di kamar hotel di Makkah diduga karena sakit, namun kami belum mengetahui penyebab pasti sakit yang diderita.

Informasi yang didapat dari petugas haji, kesehatan haji berusia lanjut itu menurun dan langsung mendapat perawatan dokter, saat hendak dipindahkan ke rumah sakit yang bersangkutan sudah menghembuskan nafas terakhir. Haji yang meninggal dunia itu setelah menuntaskan seluruh rangkaian haji, dimakamkan di Pemakaman Soraya, tempat pemakaman umum bagi jamaah haji asal Indonesia yang meninggal di Makkah dan sudah disetujui pihak keluarga.

Jumlah jamaah haji asal Cianjur yang meninggal dunia di tanah suci menjadi dua orang, sebelumnya jamaah haji meninggal karena sakit asal Kecamatan Kadupandak.

Baca juga: 286 orang haji asal Mataram laksanakan tawaf wadak

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Sambas
COPYRIGHT © ANTARA 2024