Jakarta (ANTARA) - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) melakukan asesmen di beberapa titik objek vital strategis, termasuk di wilayah Kalimantan Selatan tepatnya di PLN Indonesia Power UBP Asam-Asam (PLTU Asam-Asam), menjelang Hari Ulang Tahun (HUT) RI di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Direktur Perlindungan BNPT Brigjen Pol. Imam Margono dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat, menyebutkan asesmen dilakukan dalam rangka memastikan keamanan HUT Ke-79 RI yang rencananya akan digelar di IKN.

"Jadi kami telah melaksanakan berbagai kegiatan asesmen di beberapa objek sebelum nanti pelaksanaan 17 Agustus, salah satunya di PLN Indonesia Power Unit Bisnis Pembangkitan (UBP) Asam-Asam atau Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Asam-Asam," tutur Imam.

Selanjutnya, dirinya juga akan melakukan asesmen kembali di beberapa tempat untuk mendukung keamanan upacara yang akan dilaksanakan di IKN Kalimantan Timur setelah asesmen PLTU Asam-Asam yang dilaksanakan pada 25-27 Juni 2024.

Selain memastikan keamanan HUT RI, Imam menuturkan asesmen sistem pengamanan terhadap objek vital strategis tersebut juga merupakan salah satu upaya dalam rangka mewujudkan kemandirian perusahaan untuk menjadi pilar-pilar kesiapsiagaan nasional.

Baca juga: OIKNdan PLN siap layani listrik untuk upacara 17 Agustus di IKN

Baca juga: OIKN-Komisi VII DPR pastikan kesiapan listrik jelang HUT RI di IKN

Baca juga: Menhub: Tamu VIP untuk HUT RI di IKN harus pakai kendaraan listrik


"Asesmen ini juga merupakan bagian dari mewujudkan kemandirian perusahaan untuk menjadi pilar-pilar kesiapsiagaan nasional," ujarnya.

Sementara itu, Manager PT PLN Indonesia Power UBP Asam-Asam Ari Pribadi mengatakan kehadiran BNPT membuat pengelola menjadi lebih memahami pentingnya menjaga keamanan, terutama jika berada dalam berbagai posisi berisiko tinggi.

"Kehadiran BNPT membuat kami lebih memahami sebegitu pentingnya menjaga keamanan dan keandalan di pekerjaannya masing-masing, terlebih jika berada pada posisi-posisi kritis," ucap Ari.

Adapun PT PLN Indonesia Power UBP Asam-Asam telah menyiapkan 312 megawatt pasokan listrik untuk mendukung kegiatan di IKN.

Pada tahun 2024, BNPT telah melakukan 34 kegiatan asesmen sistem pengamanan dan 499 personel dari 64 kegiatan asesmen yang ditargetkan.

Pewarta: Agatha Olivia Victoria
Editor: Chandra Hamdani Noor
COPYRIGHT © ANTARA 2024