Jakarta (ANTARA) - Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo dan Presiden terpilih Prabowo Subianto akan diundang untuk menghadiri puncak Peringatan Hari Bhayangkara Ke-78.

"Insyaallah kami undang beliau-beliau, dan mudah-mudahan semua undangan bisa hadir," kata Sigit usai menghadiri acara Doa Bersama Lintas Agama dalam rangka Peringatan Hari Bhayangkara Ke-78 di Lapangan Bhayangkara Mabes Polri, Jakarta, Jumat.

Baca juga: Polda Malut salurkan 10.047 paket bantuan ke masyarakat

Sementara itu, ia mengungkapkan bahwa puncak Peringatan Hari Bhayangkara Ke-78 akan dilaksanakan pada Senin (1/7) sore.

"Jam 16.00 kami mulai, di Monas. Namun sebelumnya nanti akan ada kegiatan-kegiatan yang temanya ini adalah kegiatan Polri bersama rakyat," katanya.

Baca juga: Kapolda beri penghargaan Gubernur Jatim di HUT ke-77 Hari Bhayangkara

Ia menjelaskan bahwa nantinya juga akan ada kegiatan formal, seperti upacara hingga defile untuk meramaikan acara peringatan tersebut.

"Dan kemudian nanti juga ada kegiatan-kegiatan yang hiburan, yang mungkin ini juga menjadi bagian untuk kita bisa melihat berbagai macam keberagaman budaya yang ada di Indonesia, dan kami ingin bersama-sama, nanti masyarakat bisa bersama-sama dengan kami untuk menikmati rangkaian kegiatan yang ada," ujarnya.

Baca juga: Presiden dan Wapres hadiri peringatan ke-77 Hari Bhayangkara di GBK

Pada kesempatan itu, Kapolri menjelaskan bahwa acara Doa Bersama Lintas Agama dalam rangka Peringatan Hari Bhayangkara Ke-78 dilaksanakan dengan tujuan memanjatkan doa bersama agar Polri dan jajaran keluarga besarnya di usia yang Ke-78 dapat menghadapi berbagai macam tantangan tugas di masa mendatang.

"Tentunya kami ingin bahwa seluruh tugas yang kami laksanakan bisa berjalan dengan aman, lancar, dan baik, khususnya di dalam melaksanakan tugas pokok kami, baik di bidang harkamtibmas (pemeliharaan keamanan ketertiban masyarakat), penegakan hukum, pelayanan, pelindungan, dan pengayoman kepada masyarakat," ujarnya.

Baca juga: LRT Palembang gratis satu hari saat HUT Bhayangkara 1 Juli 2023

Ia menyebut acara tersebut dihadiri oleh sekitar 3.000 orang, terdiri dari anggota Polri, TNI, tokoh-tokoh masyarakat, agama, organisasi kepemudaan, organisasi kemahasiswaan, maupun sahabat-sahabat Polri.

Adapun Wakil Presiden Ke-10 dan Ke-12 Jusuf Kalla, Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Hasyim Asy'ari, hingga Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI Rahmat Bagja turut hadir dalam acara tersebut.

Baca juga: Kapolri gaungkan Pemilu damai di acara "fun walk" lintas elemen
Baca juga: Polres Madiun gelar khitanan massal 99 anak

Pewarta: Rio Feisal
Editor: Tunggul Susilo
COPYRIGHT © ANTARA 2024