Jakarta (ANTARA) -
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo mengatakan bahwa dirinya optimistis tim nasional sepak bola Indonesia bisa bersaing dalam Grup C Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, meski melawan banyak timnas yang kuat di Asia.
 
Dalam laman Kemenpora yang dipantau ANTARA di Jakarta, Sabtu, ia membeberkan skuad Garuda memiliki mentalitas tinggi untuk bersaing dengan tim-tim kuat, sehingga dirinya yakin Indonesia mampu bersaing memperebutkan tempat di Piala Dunia 2026 yang diselenggarakan di Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko, pada 11 Juni sampai 19 Juli.
 
"Timnas Indonesia tetap optimis, semangat mereka tetap ya ingin berjuang keras dan akan bertemu dengan negara-negara hebat lainnya," kata Dito saat membuka Ustaz Adi Hidayat (UAH) International Super Series IV-Piala Kemenpora di Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat (28/6).
 
Lebih lanjut dia membeberkan, skuad asuhan Shin Tae-yong (STY) telah melakukan persiapan intensif dan latihan yang optimal, sehingga semua kemampuan akan diberikan saat bertanding nanti.

Baca juga: PSSI umumkan STY bakal tangani skuad Garuda hingga 2027
 
"Kami sangat mengapresiasi, karena ini adalah pencapaian (lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia) yang paling jauh dan saya kira persiapan mereka juga sangat total," ujar menteri termuda dalam Kabinet Indonesia Maju itu.
 
Ia menambahkan, dengan menghadapi tim-tim kuat dalam kualifikasi itu, Rizky Ridho dan kawan-kawan akan mendapatkan pengalaman yang sangat berharga untuk kemajuan sepak bola Indonesia, serta meningkatkan soliditas timnas.
 
Dalam Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, Indonesia tergabung dalam grup C bersama Australia, Arab Saudi, Bahrain, Jepang, dan Tiongkok.
 
Kualifikasi tersebut dimulai pada September 2024 hingga Juni 2025.
 
Indonesia melakoni laga pertama dengan bertandang melawan Arab Saudi pada 5 September.

Baca juga: Jadwal Timnas Indonesia di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026
Baca juga: Putaran ketiga, Indonesia satu grup bersama Jepang dan Australia

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024