Jakarta (ANTARA) - PT Zurich General Takaful Indonesia (Zurich Syariah) mencatat pertumbuhan signifikan dalam polis asuransi perjalanan umrah sepanjang periode Januari-Mei 2024 mencapai 62 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Presiden Direktur Zurich Syariah Hilman Simanjuntak mengatakan, nilai kontribusi asuransi perjalanan haji juga meningkat hingga 18 persen di sepanjang musim haji 2024.

"Di tengah momentum pertumbuhan yang signifikan tersebut, salah satu produk unggulan Zurich Syariah, yaitu Zurich Syariah Travel Insurance International, juga mencatatkan kenaikan jumlah polis yang memuaskan di sepanjang Januari-Mei 2024 mencapai 85 persen dibandingkan dengan periode yang sama di tahun sebelumnya," kata Hilman dalam keterangan resmi di Jakarta, Sabtu.

Dijelaskan, produk perlindungan syariah untuk perjalanan ke seluruh dunia ini didukung dengan layanan Direktori Halal Trip, direktori syariah digital yang menyediakan peta dan panduan perjalanan wisatawan muslim, baik di dalam maupun luar.

"Pertumbuhan positif yang berhasil kami raih ini merupakan bukti dari kepercayaan nasabah yang besar terhadap kami. Hal tersebut sekaligus menjadi pendorong bagi kami untuk terus menghadirkan produk dan layanan yang sesuai dengan kebutuhan nasabah," jelasnya.

Adapun Kementerian Haji dan Umrah Kerajaan Arab Saudi mencatatkan jumlah tertinggi atas kedatangan jemaah umrah selama 5 tahun terakhir mencapai 13,5 juta jemaah, tumbuh 58 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Di periode yang sama, asuransi perjalanan dari Zurich Syariah juga menjadi dominasi pilihan jemaah umrah mencapai lebih dari 20 persen atas total jemaah umrah asal Indonesia.

Hilman menilai pertumbuhan tersebut mencerminkan posisi Zurich Syariah sebagai pemimpin pasar dalam industri asuransi syariah, terutama di segmen perjalanan umrah.

Di tahun 2024, pemerintah Arab Saudi menargetkan angka kedatangan jemaah umrah asal Indonesia meningkat menjadi 2 juta jemaah.

Keyakinan tersebut didukung maraknya tren paket perjalanan umroh plus wisata ke negara-negara lain di sekitar Arab Saudi, seperti Turki, Uni Emirat Arab, hingga Maroko.

“Gaya hidup halal menjadi suatu kebutuhan bagi masyarakat Indonesia, terutama yang beragama Islam," tutur Hilman.

Lebih lanjut, ia menambahkan, Zurich Syariah Travel Insurance International memberikan perlindungan untuk diri sendiri maupun keluarga dalam satu polis asuransi dengan manfaat utama, di antaranya perlindungan dari kecelakaan diri, biaya medis dan darurat lainnya, pembatalan dan perubahan perjalanan, perlindungan bagasi dan barang pribadi, hingga perlindungan atas kerugian kehilangan isi rumah.

Baca juga: Zurich rilis produk baru jamin finansial keluarga hingga generasi ke-3
Baca juga: Zurich Syariah optimis kinerja asuransi kendaraan positif selama mudik
Baca juga: Zurich Syariah catat peningkatan asuransi perjalanan umrah 40 persen

 

Pewarta: Bayu Saputra
Editor: Biqwanto Situmorang
COPYRIGHT © ANTARA 2024