Jakarta (ANTARA) - Timnas Brasil menjaga asa lolos ke perempat final Copa America 2024 setelah menghajar Timnas Paraguay dengan skor 4-1 pada pertandingan kedua Grup D di Stadion Allegiant, Las Vegas, Sabtu pagi WIB.

Pada pertandingan pesta gol Brasil hadir berkat gol-gol Vinicius Junior (2), Savio dan Lucas Paqueta, sedangkan Paraguay sempat membalas lewat Omar Alderete.

Kemenangan ini membuat Brasil menempati peringkat kedua klasemen sementara Grup D Copa America 2024 dengan empat poin dari dua pertandingan, terpaut dua poin dari Kolombia di posisi pertama.

Di sisi lain, Paraguay sudah dipastikan tersingkir dari kompetisi Copa America 2024 setelah menelan dua kekalahan beruntun, diketahui pada laga pertama mereka takluk dari Kolombia 1-2 dan kini berada di posisi juru kunci Grup D tanpa raihan poin dari dua pertandingan.

Pada pertandingan ini Brasil langsung mengambil inisiatif menyerang terlebih dahulu, namun baru mendapatkan peluang emas setelah diberikan hadiah tendangan penalti karena gelandang Paraguay Andres Cubas melakukan handsball di kotak terlarang.

Meskipun demikian, Lucas Paqueta yang maju sebagai algojo Brasil gagal melaksanakan tugasnya dengan baik setelah tendangannya melebar dari gawang Paraguay.

Baca juga: Brasil ditahan imbang Kosta Rika 0-0

Brasil akhirnya mampu menciptakan gol pada menit 35 setelah tendangan Lucas Paqueta dapat dikonversikan menjadi gol oleh Vinicius Junior sehingga skor berubah menjadi 1-0.

Selanjutnya Brasil mampu menggandakan keunggulan menjadi 2-0 pada menit 43 setelah tendangan keras Savio dapat membobol gawang dari Paraguay.
 
Pada waktu tambahan babak pertama, Brasil dapat menambah keunggulan menjadi 3-0 melalui gol kedua Vinicius Junior yang memanfaatkan kesalahan bek Paraguay Omar Alderete di menit 45+4.

Memasuki babak kedua, Paraguay dapat memperkecil ketertinggalannya setelah pada menit 48 tendangan dari luar kotak penalti Omar Alderete membobol gawang Brasil sehingga skor berubah menjadi 1-3.

Brasil mendapatkan penalti keduanya pada pertandingan ini setelah gelandang Matthias Villasanti melakukan handsball di kotak terlarang.

Kali ini, Paqueta melaksanakan tugasnya dengan baik setelah tendangannya tak dapat ditebak oleh kiper Paraguay Rodrigo Morinigo sehingga skor berubah menjadi 4-1 pada menit 65.

Pada sisa waktu pertandingan, Brasil tetap mendominasi jalannya pertandingan, namun hingga peluit panjang dibunyikan skor 4-1 tetap bertahan.

Selanjutnya Brasil akan melakoni partai berat kontra Kolombia, Rabu (3/7), sementara Paraguay dijadwalkan berjumpa Kosta Rika, di hari yang sama.

Baca juga: Kolombia melaju ke perempat final setelah hajar Kosta Rika 3-0

Pewarta: Aldi Sultan
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2024