Jakarta (ANTARA) -
Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Angela Tanoesoedibjo mengatakan, Tahun Baru Māori atau dikenal dengan Matariki yang pertama kali digelar di Jakarta menjadi momentum memperkuat hubungan diplomatik sekaligus persahabatan antara Indonesia dengan Selandia Baru.
 
Wamenparekraf Angela dalam dalam keterangan di Jakarta, Sabtu, mengatakan, kedua negara telah menjalin hubungan yang didasarkan pada kerja sama yang saling menghormati dan komitmen bersama untuk kesejahteraan dan perdamaian global, mulai dari kemitraan perdagangan dan ekonomi hingga pertukaran budaya dan pemeliharaan lingkungan.
 
“Saya sangat berharap Tahun Baru Māori jadi momentum untuk dapat menjalin ikatan persahabatan dan kerja sama yang lebih erat antara kedua negara di berbagai sektor, termasuk sektor pariwisata dan ekonomi kreatif,” kata Angela.
 
Sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, lanjut dia, telah menjadi penggerak ekonomi utama secara global dan memainkan peran penting dalam memelihara budaya dan mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan.
 
Selandia Baru contohnya, negara ini adalah tempat industri kreatif dan sektor pariwisata berintegrasi secara harmonis, yang pada akhirnya menjadi magnet wisatawan dari berbagai belahan dunia.
 
“Kita semua tahu bahwa salah satu pencapaian sinematik paling menonjol sepanjang masa adalah Lord of The Rings yang difilmkan di Selandia Baru. Dan menarik wisatawan secara global," ujarnya.
 
Matariki yang diinisiasi oleh Kedutaan Besar Selandia Baru untuk Indonesia merupakan acara unik dan Istimewa yang terdapat dalam kalender Selandia Baru yang menandai dimulainya Tahun Baru Māori.
 
Tahun Baru Māori ini ditandai dengan terbitnya gugusan bintang Matariki di langit selama bulan pertengahan musim dingin.
 
Momentum ini biasanya dimanfaatkan masyarakat Selandia Baru untuk berkumpul bersama kerabat dan keluarga guna merenungkan peristiwa tahun lalu, merayakan masa kini, dan merencanakan tahun depan.
 
Matariki turut dimeriahkan dengan berbagai aktivitas yang penuh dengan kehangatan seperti berbagi makanan, bernyanyi, hingga berbagi cerita.
 
Dalam Tahun Baru Māori di Jakarta, Kedutaan Besar Selandia Baru untuk Indonesia bekerja sama dengan planetarium dan observatorium memberikan kesempatan bagi tamu untuk melihat simulasi gugus bintang Matariki di planetarium mini dan menatap bintang atau bulan melalui teleskop.

Baca juga: Selandia Baru refleksikan hubungan dengan RI lewat perayaan Matariki
Baca juga: Wamenparekraf sebut Pesta Kesenian Bali ajang promosi pariwisata
Baca juga: Wamenparekraf tekankan pariwisata berkualitas di Labuan Bajo NTT

Pewarta: Sinta Ambarwati
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © ANTARA 2024