Jakarta (ANTARA) - Sejumlah tokoh agama menyampaikan harapannya pada HUT Ke-78 Bhayangkara agar Polri semakin dicintai oleh masyarakat, dekat dengan masyarakat, memberikan pelayanan, mengayomi dan menegakkan hukum yang berkeadilan.

“Semoga keluarga besar Polri terus berusaha mencari jalan-jalan baru untuk mewujudkan semboyan yang sangat bagus ini, semoga dengan demikian keluarga besar Polri dikenal oleh masyarakat sebagai lembaga yang sungguh-sungguh mengayomi, melindungi dan melayani masyarakat,” kata Uskup Agung Jakarta Ignatius Kardinal Suharyo Hardjoatmodjo, dalam keterangannya di Jakarta, Minggu.

Baca juga: MPR harapkan Polri maksimal layani masyarakat

Menurut dia, Polri telah berupaya menjalankan tugasnya, melindungi, dan mengayomi masyarakat, seperti pada saat penyelenggaraan mudik yang aman dan nyaman bagi masyarakat.

Masyarakat mengapresiasi penyelenggaraan mudik yang dilakukan oleh Polri melalui jajak pendapat. Dari hasil survei Indikator Politik Indonesia, tingkat kepuasan melonjak tajam menjadi 90,4 persen dibandingkan tahun lalu, yakni 82,50 persen. Warga paling puas terhadap pengaturan lalu lintas yakni, 78,9 persen.

Selain itu, kata dia, dari hasil survei Litbang Kompas yang dilakukan pada Juni 2024, Polri bersama TNI menempati urutan teratas sebagai lembaga dengan citra terbaik.

Tren kepercayaan masyarakat terhadap Polri terus meningkat menjadi 73,1 persen pada Juni 2024. Hasil tersebut lebih meningkat dari survei Litbang Kompas sebelumnya yakni pada Agustus 2023 sebesar 66 persen dan Desember 2023 yakni 71,6 persen.

"Semoga semakin dihormati dan dicintai oleh masyarakat karena peranannya di dalam negeri yang kita cintai. Terima kasih semoga Tuhan memberkati, salam Pancasila," ucap Suharyo.

Baca juga: Imam Besar Masjid Istiqlal harap Polri semakin profesional

Harapan serupa juga disampaikan Ketua Umum Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Mayjen TNI (Purn) Wisnu Bawa Tenaya

"Saya mengucapkan selamat Hari Bhayangkara ke-78. Saya berharap Polisi Republik Indonesia semakin dicintai rakyat," kata Wisnu.

Dalam perayaan Hari Bhayangkara tahun ini Polri mengambil tema Polri Presisi Mendukung Percepatan Transformasi Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan Menuju Indonesia Emas.

"Mari kita sukseskan transformasi ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan untuk Indonesia emas. Salam presisi," kata Wisnu.

Dalam perayaan Hari Bhayangkara ke-78, Polri mengadakan sejumlah agenda mulai dari kegiatan fun walk, bakti sosial, bakti kesehatan hingga perlombaan, baik di internal maupun masyarakat. Nantinya puncak perayaan adalah upacara Hari Bhayangkara pada 1 Juli 2024.

Semua agenda yang dilakukan Polri dalam rangka Hari Bhayangkara untuk lebih dekat dan dicintai masyarakat, serta mempererat persatuan dan kesatuan.

Baca juga: Gus Miftah: Listyo Sigit bawa Polri dapatkan kepercayaan masyarakat
Baca juga: Polri: Pesta rakyat meriahkan HUT Ke-78 Bhayangkara di Monas
​​​​​​​


Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2024