Jakarta (ANTARA) -
Komisi Kepolisian Nasional Republik Indonesia (Kompolnas RI) menilai tantangan Polri semakin berat di era transparansi seperti melalui media sosial yang lebih cepat viral dan tersebar di masyarakat.
 
"Masyarakat jika mau mengadu dan protes ke media sosial dan langsung protes, berbeda dengan zaman saya dulu belum ada medsos," kata Ketua Harian Kompolnas Benny J Mamoto dalam keterangan tertulisnya, Senin.

Dia mengatakan, sekarang eranya berbeda.
"Nah sekarang di era transparansi orang komplain, protes di dunia maya yang diviralkan sehingga ini mempengaruhi citra Polri," katanya.
 
Namun Benny menyebutkan citra Polri kembali merangkak naik selama beberapa tahun terakhir karena sejumlah inovasi yang dilaksanakan.
 
"Kemarin survei Litbang Kompas Polri di atas Kejaksaan Agung. Nah menghadapi tantangan saat ini dimana masyarakat menuntut pelayanan cepat dan murah, Polri sudah merespons melalui berbagai inovasi-inovasi yang dilakukan seperti membuat BPKB dan SKCK 'online'," kata Benny

Baca juga: Kompolnas sebut kinerja reserse Polri harus ditingkatkan
Baca juga: Polda Sumbar-Kompolnas periksa lokasi tewasnya siswa SMP di Padang
 
Benny juga membeberkan sejumlah prestasi yang ditoreh oleh Polri, seperti pengamanan sejumlah kegiatan internasional​​​​​​​ di bidang olahraga, pariwisata dan konferensi tingkat tinggi.
 
Selain itu, dalam penyelenggaraan mudik pada dua tahun terakhir setelah dunia diguncang pandemi COVID-19. Bahkan kata pensiunan polisi berpangkat Irjen Pol ini juga menyebutkan dunia internasional mengakui Polri berhasil mengatasi terorisme.
 
Namun Benny juga memberikan berbagai catatan agar Polri semakin dicintai masyarakat.
"Polri harus merespons cepat, proaktif, transparansi yang dibangun dengan komunikasi publik yang baik," katanya.

meskipun demikian, dia juga menilai Polri telah berhasil berada di tengah masyarakat dalam melindungi, melayani dan mengayomi.
 
"Kami dari Kompolnas menyampaikan selamat Hari Bhayangkara Ke-78 tahun 2024, semoga Polri kendepan semakin profesional dan mandiri, Polri semakin dicintai masyarakat, berhasil hadir di tengah masyarakat membuat suasana aman, tenteram dan damai," katanya.
 

Pewarta: Ilham Kausar
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2024