Jakarta (ANTARA) - PT PLN Indonesia Power (PLN IP) bersama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menyelenggarakan Elang Jawa Trail Run 2024 sebagai upaya perusahaan turut menjaga kelestarian lingkungan utamanya populasi Elang Jawa (Nisaetus bartelsi), yang terancam punah.

Ajang yang digelar di Taman Nasional Gunung Halimun Salak, Sukabumi, Jawa Barat, tersebut juga dalam rangka momentum Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar dalam keterangannya di Jakarta, Senin, mengungkapkan melalui kegiatan itu, semua pihak diajak untuk lebih dekat dengan alam, merasakan keindahan dan keasriannya, serta menyadari betapa pentingnya menjaga kelestarian lingkungan demi masa depan yang lebih baik.

"Hari Lingkungan Hidup Sedunia ini momentum penting bagi kita semua untuk merenung dan mengambil tindakan nyata dalam upaya melestarikan dan menjaga lingkungan. Mengingatkan kita akan tanggung jawab besar, yang diemban untuk menjaga keseimbangan alam, yang semakin terancam dan harus menghadapi triple plenary crisis, yakni krisis perubahan iklim, krisis kerusakan alam, dan kehilangan biodiversitas, serta krisis polusi dan limbah," katanya.

Siti menambahkan kolaborasi PLN IP dan KLHK merupakan wujud komitmen berkelanjutan dan menjaga kelestarian lingkungan.

Baca juga: PLN Indonesia Power cetak laba bersih Rp8,19 triliun pada 2023

Baca juga: PLN IP manfaatkan limbah uang kertas untuk cofiring PLTU Bengkayang


Direktur Utama PLN Indonesia Power Edwin Nugraha Putra mengatakan kehadiran PLN IP dalam Elang Jawa Trail Run 2024 merupakan bentuk dukungan pada pemerintah dan wujud komitmen berkelanjutan perusahaan.

"Hadirnya kami dalam Elang Jawa Trail Run 2024 ini mencerminkan komitmen kami terhadap keberlanjutan lingkungan dan konservasi keanekaragaman hayati, salah satunya dengan pelepasliaran Elang Jawa, upaya bersama praktik keberlanjutan, dan TJSL (tanggung jawab sosial dan lingkungan), yang berada di wilayah Gunung Salak," sebut Edwin.

Pada ajang Elang Jawa Trail Run 2024 turut berpartisipasi puluhan insan PLN IP termasuk di dalamnya komunitas PLN IP Runners.

Selain trail run, juga dilakukan penanaman 150 bibit pohon di area Taman Nasional Gunung Halimun Salak sebagai bentuk menjaga kelestarian lingkungan.

Baca juga: PLN IP UBP Priok siagakan 13 unit pembangkit jelang Idul Adha

Baca juga: PLN IP suplai 50 persen listrik di Ambon dengan pembangkit apung

Pewarta: Kelik Dewanto
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2024