Mataram (ANTARA) - Jamaah haji kelompok terbang (kloter) campuran asal Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) tiba di tanah air melalui Bandara Internasional Lombok.

"Jamaah haji kloter campuran yang telah tiba itu Kloter 6 dan Kloter 7," kata Humas PT Angkasa Pura I Bandara Lombok Arif Haryanto di Lombok Tengah, Senin.

Adapun jumlah jamaah haji Kloter 6 atau campuran yang tiba itu sebanyak 393 orang asal Kabupaten Sumbawa, Sumbawa Barat dan Kabupaten Lombok Timur.

"Kemudian Kloter 7 berjumlah 393 jamaah asal Kota Mataram dan Kabupaten Lombok Barat," katanya.

Baca juga: Jamaah haji Kloter 4 Lombok Timur NTB tiba di tanah air

Baca juga: Jamaah haji kloter 3 asal NTB tiba di kampung halaman


Selain jamaah haji Kloter 6 dan Kloter 7, jamaah haji Embarkasi Lombok yang telah tiba, di antaranya jamaah haji Kloter 1 Kota Mataram, Kloter 2 Kabupaten Lombok Tengah, Kloter 3 Kabupaten Lombok Barat, Kloter 4 Kabupaten Lombok Timur dan Kloter 5 Kabupaten Lombok Tengah.

"Total jamaah haji NTB yang telah tiba di tanah itu itu 2.750 haji dari 4.837 haji yang telah melaksanakan ibadah haji di 2024," katanya.

Ia mengatakan jadwal kepulangan jamaah haji Embarkasi Lombok itu telah mulai sejak tanggal 22 Juni hingga 9 Juli 2024 mendatang.

Jamaah haji ini dibawa menggunakan pesawat Garuda Indonesia dari Arab Saudi langsung menuju Bandara Lombok, setelah itu mereka dibawa menggunakan bus menuju asrama haji Mataram.

"Lokasi penjemputan jamaah haji oleh keluarga dilakukan di Asrama haji Mataram," katanya.

Pemberangkatan dan pemulangan jamaah haji Embarkasi Lombok ini terbagi menjadi 13 kelompok terbang baik itu kloter utuh maupun campuran.

Sementara itu, jumlah jamaah haji asal NTB yang meninggal dunia di tanah suci Makkah, Arab Saudi, itu sebanyak 3 orang yang berasal dari Kabupaten Lombok Tengah dan Kabupaten Lombok Timur.*

Baca juga: Jamaah haji asal Lombok Tengah tiba di tanah air

Baca juga: Seorang haji NTB wafat di Arab Saudi


Pewarta: Akhyar Rosidi
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2024