Jakarta (ANTARA) - Presiden RI Joko Widodo meminta Polri untuk tidak tebang pilih dalam menegakkan hukum ketika menyampaikan amanat pada Upacara Peringatan Hari Bhayangkara Ke-78 Tahun 2024 di kawasan Monumen Nasional, Jakarta, Senin.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi yang menjadi Inspektur Upacara menekankan tugas Polri sangat berpengaruh pada ketahanan bangsa dalam menghadapi tantangan.

"Polri harus makin lincah, harus makin adaptif, dan memiliki cara pandangan strategis, harus menjadi cooling system dan perekat kebinekaan, harus profesional dan tidak tebang pilih dalam penegakan hukum," kata Presiden Jokowi saat memberikan amanat upacara.

Menurut Presiden, Polri juga dihadapkan pada tantangan dalam hadapi kejahatan transnasional yang makin kompleks dan canggih.

Oleh karena itu, Presiden meminta agar Polri mampu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek).

Sejumlah pejabat yang hadir dalam Upacara Peringatan Hari Bhayangkara Ke-78, antara lain, Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin dan Wury Ma'ruf Amin, Ketua DPR RI Puan Maharani, Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, wakil presiden ke-10 RI Jusuf Kalla dan istri, serta Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo.

Dalam HUT Ke-78 Bhayangkara ini, Polri mengangkat tema utama Polri Presisi Mendukung Percepatan Transformasi Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan Menuju Indonesia Emas.

Puncak HUT Ke-78 Polri, selain dilaksanakan upacara peringatan, juga dimeriahkan dengan pesta rakyat yang tampilkan pertunjukan musik dari artis-artis Ibu Kota, serta aneka jajanan kuliner gratis untuk masyarakat.

HUT Ke-78 Polri juga menyediakan arena permainan untuk anak-anak, termasuk mendatangkan pedagang (UMKM) menggunakan gerobak untuk menyajikan makanan secara gratis bagi masyarakat yang datang.

Sejumlah penyanyi Ibu Kota juga turut mengisi acara hiburan seperti Arie Lasso, Isnaya Sarasvati, dan RAN.

Baca juga: Presiden pimpin upacara HUT Ke-78 Polri di Monas
Baca juga: Sebanyak 165 petugas disiagakan jaga kebersihan Pesta Rakyat di Monas

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2024