Jakarta (ANTARA/JACX) – Presiden Rusia, Vladimir Putin melakukan kunjungan kenegaraannya ke Korea Utara pada Rabu (19/6), dan menjadi kunjungan pertamanya sejak 24 tahun terakhir.

Pada kunjungannya kali ini, Putin dan Kim Jong Un menandatangani sejumlah perjanjian, termasuk pakta pertahanan bersama.

Sebuah unggahan di Instagram menampilkan foto Putin dan Kim Jong-un, bersama beberapa orang lainnya dengan narasi merayakan kemenangan. Putin terlihat memegang kamera dan Kim Jong-un memegang minuman.

Berikut narasi dalam unggahan tersebut:

“Everyone celebrating today’s win like…”

Namun, benarkah foto Kim Jong-un bersama Putin merayakan kemenangan di klub malam tersebut?

 

Unggahan yang menarasikan foto Kim Jong-un bersama Putin merayakan kemenangan di klub malam. Faktanya, foto tersebut merupakan hasil AI. (Instagram)
Penjelasan:

ANTARA melakukan penelusuran dengan memasukan foto tersebut dipendeteksi Artificial Intelligence (AI) yakni Hive Moderation, hasilnya foto tersebut 81 persen merupakan hasil AI atau editan.

 

Hasil pengecekan foto Kim Jong-un bersama Putin. (Website)
Sebelumnya, Presiden Rusia Vladimir Putin pada Selasa (18/6) telah mendarat di ibu kota Korea Utara, Pyongyang, untuk kunjungan pertamanya ke negara tersebut dalam 24 tahun, kata Istana Kepresidenan Rusia, Kremlin.

Presiden Rusia itu diundang oleh pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, yang secara pribadi bertemu Vladimir Putin di bandara Pyongyang, kata Kremlin dalam sebuah pernyataan.

Klaim: Foto Kim Jong-un bersama Putin merayakan kemenangan di klub malam

Rating: Hoaks

Cek fakta: Hoaks! Jokowi kirim bunga ke Kim Jong Un atas dukungan terhadap timnas saat melawan Korsel

Cek fakta: Hoaks! Kim Jong Un bahas Palestina-Israel, "sentil" Biden dalam pidato

Baca juga: Putin kembali hadiahkan limusin mewah Rusia untuk Kim Jon Un

Pewarta: Tim JACX
Editor: Indriani
COPYRIGHT © ANTARA 2024