Jakarta (ANTARA) - Federal Oil selaku sponsor tim Gresini Racing mengapresiasi kerja keras Marc Marquez dan Alex Marquez yang memperoleh poin berharga di MotoGP Belanda 2024 pada Minggu (30/6).

Meski tidak meraih podium di GP Belanda, Marc Marquez berada di posisi tiga klasemen sementara dengan perolehan 142 poin, terpaut 58 poin dari Jorge Martin di puncak klasemen. Adapun Alex Marquez berada di posisi 10 dengan 62 poin.

"Persaingan di pertengahan musim MotoGP 2024 kali ini semakin kompetitif. Setelah rehat selama empat pekan kedua pembalap mencoba kembali menunjukkan talenta dan kemampuan untuk mengoptimalkan performa Ducati Desmosedici GP23," kata Market Development General Manager PT ExxonMobil Lubricants Indonesia (Federal Oil), Rommy Averdy Saat dalam siaran pers, Selasa.

"Terutama Alex yang mampu menunjukkan perkembangan yang baik setelah berhasil start dari baris terdepan. Kami juga senang Alex Marquez memperpanjang kontrak dan akan terus bersama Federal Oil dan Gresini Racing di musim berikutnya," kata Rommy.

Marc sebenarnya finis di posisi 4, namun dianulir oleh penyelenggara karena tekanan angin ban yang tidak sesuai usai balapan. Marc kemudian mendapat penalti 16 detik yang membuat posisinya bergeser ke posisi 10 dengan perolehan 6 poin.

Baca juga: Marc Marquez ikhlas kena hukuman penalti yang diterima di GP Belanda

Sedangkan Alex Marquez yang start dari barisan depan kurang memaksimalkan performa kuat dari Ducati Desmosedici GP23. Adik Marc Marquez itu akhirnya finis di posisi tujuh setelah dipromosikan naik satu peringkat karena pergeseran dari posisi Marc.

"Sayangnya, meskipun selisihnya sangat tipis, kami berada di luar parameter teknis terkait tekanan ban dan karena itu kami menerima penalti tersebut," kata Marc.

"Sungguh memalukan meninggalkan tempat ini dengan poin yang sangat sedikit, kami bisa saja meraih dua kali finis di posisi keempat, tetapi balapan dengan Enea Bastianini tentu saja berdampak, tetapi kami tidak mencari alasan, saya bermain dengan baik dengan tekanan ban hingga saat itu," kata dia.

Sedangkan Alex Marquez yang memperpanjang kontraknya dengan Tim Gresini Racing MotoGP hingga akhir 2026, mengungkapkan kesulitannya di balapan meski hasilnya cukup positif untuk menambah poin tambahan di klasemen juara dunia MotoGP 2024.
Pembalap Gresini Racing Alex Marqurz saat turun pada MotoGP Inggris, Minggu (6/8/2023). ANTARA/HO/MotoGP-Gresini Racing

Baca juga: Alex Marquez perpanjang kontrak dengan tim Gresini Racing hingga 2026

"Balapan yang sulit, meskipun secara keseluruhan itu adalah akhir pekan yang positif. Kami kesulitan untuk membuat motor berbelok dengan ban depan kompon keras, tetapi kami akan kesulitan lebih banyak dengan opsi lunak," kata Alex Marquez.

"Kami harus bekerja keras di Jerman untuk memahami cara meningkatkannya. Data hari ini pasti akan berguna untuk balapan mendatang, kami memiliki ide yang jelas dan mari berharap kami dapat mewujudkannya di Sachsenring," kata Alex Marquez.

Balapan berikutnya akan berlangsung di Sirkuit Sachsenring, Jerman pada 7 Juli. Marc Marquez punya catatan sebagai “King of Sachsenring” karena 11 kali naik podium sejak berkarir di GP125.

"Saat ini, persaingan masih terbuka lebar, Federal Oil konsisten terus mendukung kedua pembalap Gresini Racing sehingga mereka diharapkan akan terus makin nyaman meraih poin penting dan podium ganda hingga mampu menyandang titel Juara Dunia MotoGP 2024," tutup Rommy Averdy Saat.

Berikut klasemen sepuluh besar MotoGP usai GP Belanda:

1. Jorge Martin - Prima Pramac Racing (200 poin)
2. Francesco Bagnaia - Ducati Lenovo Team (190 poin)
3. Marc Marquez - Gresini Racing (142 poin)
4. Enea Bastianini - Ducati Lenovo Team (136 poin)
5. Maverick Vinales - Aprilia Racing (118 poin)
6. Pedro Acosta - Red Bull GASGAS (101 poin)
7. Brad Binder - Red Bull KTM (99 poin)
8. Fabio Di Giannantonio - Pertamina Enduro VR46 Racing Team (92 poin)
9. Aleix Espargaro - Aprilia Racing (82 poin)
10. Aleix Marquez - Gresini Racing (62 poin)

Baca juga: Pecco tampil sempurna dan rebut gelar juara GP Belanda
Baca juga: Klasemen MotoGP 2024 : Pecco terus bayangi Martin di puncak
 

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024