Jakarta (ANTARA) - Pembalap tim Gresini Racing, Marc Marquez ikhlas terkena hukuman penalti yang diterima di MotoGP Belanda 2024.

Juara dunia delapan kali tersebut dihukum penalti 16 detik karena tekanan ban rendah saat MotoGP Belanda 2024 yang berlangsung di Sirkuit Assen, Minggu malam WIB.

"Sayangnya, meskipun sangat sedikit, kami berada di luar parameter teknis mengenai tekanan ban dan oleh karena itu kami menerima penalti," kata Marc Marquez dikutip dari laman tim Gresini Racing, Senin.

Pembalap Spanyol yang memastikan finis di posisi keempat harus turun ke posisi sepuluh karena terkena penalti 16 detik tersebut.

Baca juga: Marc Marquez terkena penalti 16 detik karena tekanan ban rendah

Marc Marquez menyebut kejadian tersebut sangat memalukan karena seharusnya mampu mengamankan lebih banyak poin. Namun pembalap berjuluk Baby Alien tersebut tak ingin mencari-cari alasan terutama terkait dengan tekanan ban yang terjadi di sirkuit legendaris berjuluk "Cathedral of Speed" tersebut.

"Sangat memalukan untuk pergi dari sini dengan beberapa poin: kami bisa mencetak dua tempat keempat tapi ... Datang bersama dengan Bastianini pasti memainkan peran tetapi kami tidak mencari alasan, saya bermain bagus dengan tekanan ban sampai saat itu. Mari kita akhiri akhir pekan ini dan alihkan fokus kita ke Jerman," ujar Marc Marquez.

Dengan perolehan posisi kesepuluh maka juga berpengaruh terhadap perolehan poin pembalap asal Spanyol tersebut. Marquez yang mengoleksi tambahan 13 poin kini turun menjadi enam poin.

Gelar juara GP Belanda dikunci oleh pembalap Ducati Lenovo Team, Francesco "Pecco" Bagnaia. Pecco meraih gelar juara tiga kali berturut-turut di GP Assen usai mencatatkan waktu tercepat 40 menit 07,214 detik.

Di podium kedua ditempati pembalap Prima Pramac Racing sekaligus pemuncak klasemen sementara Jorge Martin yang finis dengan selisih waktu 3,676 detik. Rekan setim Pecco yakni Enia Bastianini menempati podium ketiga dengan mencatatkan selisih waktu 7,073 detik.

Baca juga: Marquez bersaudara bidik podium di MotoGP Belanda 2024
Baca juga: Tandem dengan Marquez musim depan, Bagnaia: Ini adalah tantangan baru

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © ANTARA 2024