Medan (ANTARA) - Rumah Sakit (RS) Haji Adam Malik, Medan, Sumatera Utara dengan bantuan dari King Salman (KS) Relief, Arab Saudi, telah sukses melakukan operasi jantung terhadap 25 anak.

"Tim dokter Rumah Sakit Adam Malik mendapatkan banyak pengalaman baru dari kerja sama ini," ujar Direktur Utama RS Haji Adam Malik dr Zainal Safri di Medan, Selasa.

Zainal melanjutkan kerja sama ini merupakan program sesi kedua dalam operasi bedah jantung yang berlangsung di Pusat Jantung Terpadu rumah sakit setempat dari 25 Juni sampai 30 Juni 2024.

Menurutnya, operasi ini merupakan bagian dari memudahkan warga Sumut, karena sebelumnya sebagian besar kasus bedah jantung, khusus pada pasien anak dari Medan dikirim ke Jakarta, terutama kasus-kasus yang sulit.

Baca juga: RS Adam Malik- Arab Saudi sukses operasi jantung pada 16 anak

Baca juga: Menkes: RS Adam Malik jadi pengampu operasi jantung anak di Sumut-Aceh


"Tapi dengan adanya program transfer knowledge dari Arab Saudi ini, ke depannya RS Adam Malik bisa menanganinya sendiri," tutur Zainal.

Selanjutnya, Zainal menyatakan enam dari 31 pasien anak sudah dijadwalkan akan dilakukan operasi jantung secara mandiri, karena telah memiliki dokter bedah jantung anak.

"Harapannya, kami akan semakin mandiri dalam penanganan kasus bedah jantung pediatri. Untuk itu, saya menyampaikan terima kasih kepada Raja Salman yang telah mengirim tim KSRelief dari Arab Saudi langsung ke Medan,” ucap Zainal.

KSRelief juga memberikan bantuan bahan medis untuk operasi bedah jantung anak kali ini. KSRelief mengirim sebanyak 27 tenaga medis pada program operasi jantung tahap kedua itu.

Tenaga medisnya terdiri dari dokter konsultan bedah jantung, dokter konsultan jantung anak, dokter konsultan anak intensif, dokter konsultan anestesi jantung, perfusionis, terapis, perawat ahli, dan teknisi medis.

Sebelumnya, Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Faisal bin Abdullah Al-Amoudi mengatakan pihaknya sangat ingin membantu terutama penyakit jantung pada anak.

"Kami ingin lebih intens dalam berkontribusi untuk menyelamatkan anak-anak khususnya Indonesia dan bisa membantu dokter-dokter yang ada di Indonesia," tutur Faisal.

Dia mengatakan ini merupakan strategi untuk menyelamatkan anak-anak Indonesia. Dia pun berharap semoga anak-anak di sini dijaga kesehatannya dan yang masih belum sehat diberikan kesembuhan.*

Baca juga: RS Adam Malik-Arab Saudi targetkan sesi dua tangani 23 kasus jantung

Baca juga: RSUP Adam Malik berhasil operasi tumor tulang dengan "megaprosthesis"

Pewarta: M. Sahbainy Nasution
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2024