Makassar (ANTARA) -
Pemerintah Kota Makassar, Sulawesi Selatan, menargetkan dapat menggaet investor pada Makassar Investment Forum (MIF) 2024 untuk berinvestasi pada proyek jalan tol layang di Kota Makassar.
 
MIF 2024 ini menjadi salah satu rangkaian penting dari Makassar International Eight Festival & Forum atau yang biasa dikenal dengan F8 Makassar yang akan dihelat pada 24-28 Juli 2024.
 
"Inilah forumnya, akan hadir berbagai negara dan pemerintah daerah yang akan saling berbagi terkait investasi. Kalau kita dari Makassar tawarkan investasi jalan tol dan proyek Japparate," ujar Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto di Makassar, Selasa.
 
Proyek Tol Layang yang dimaksud ialah salah satu mega proyek yang dijajaki Pemerintah Kota Makassar ke pemerintah pusat sejak awal 2023. Proyek ini merupakan jalan tol menuju Pantai Losari sepanjang 24 km dengan nilai investasi sekitar Rp15 triliun.
 
Sementara proyek Japparate merupakan revitalisasi Anjungan Pantai Losari sepanjang 1,6 kilometer dengan menghadirkan jembatan layang tiga lantai di kawasan Anjungan Pantai Losari. Niilai investasi proyek ini sebesar Rp5 triliun.

Baca juga: F8 2024 hadirkan "Makassar Sekalia" kenalkan wajah Makassar

Baca juga: Gerai 6 Negara dipastikan warnai F8 2024
 
Menurut Danny Pomanto, sapaan Wali Kota Makassar, MIF 2024 juga akan mengundang pemerintah daerah dari luar Sulawesi Selatan untuk ikut menjajaki kerja sama.
 
"Dari sini, mereka saling berbagi investasi terutama investasi ke Makassar. Ada kita jual, mereka tawarkan dan ada mereka tawarkan lalu kita join (ikut). Kita juga beri dan buka kesempatan untuk daerah lain ikut di forum ini," ujar Danny Pomanto.
 
Rencana kehadiran berbagai negara dan pihak pemerintah daerah pada forum ini tidak lepas dari tema MIF 2024 yaitu "Investment For All: Makassar Penyangga Ibu Kota Negara".
 
Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Makassar (DPM-PTSP) Helmy Budiman menambahkan bahwa selain Proyek Jalan Tol Layang, proyek lainnya seperti Metro Capsule dan Ducting Sharing juga akan ditawarkan pada pertemuan MIF 2024 ini.
 
"Target kita pada forum ini untuk memberikan peluang investasi dan mencarikan investor untuk Makassar," ujarnya.
 
Proyek Metro Capsul merupakan proyek yang diinisiasi oleh Danny Pomanto sebagai transportasi publik berbasis listrik dengan rel tersendiri layaknya LRT (Lintas Raya Terpadu) untuk mengurai kemacetan.

Sementara Proyek Ducting Sharing merupakan proyek pemindahan atau penanaman kabel ke bawah tanah dengan area Sudirmanlopp.
 
Helmy menyebutkan, pihaknya tengah menyiapkan undangan untuk sejumlah negara agar bisa hadir pada MIF 2024 yang akan dilaksanakan pada 25 Juli 2024.

Ada 12 negara yang telah masuk daftar undangan, di antaranya Amerika, Korea Selatan, Belanda, Inggris dan Singapura.
 
"Sekarang kita sudah mengundang 12 negara dan masih sementara menunggu konfirmasi kehadiran. Termasuk undangan untuk pemerintah daerah juga kita mulai siapkan," tambah Helmy.

Baca juga: Sandiaga Uno optimistis Makassar bisa jadi episentrum festival musik

Baca juga: Pelindo Regional 4 catat arus kapal capai 35.611 call

Pewarta: Nur Suhra Wardyah
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2024