Jayapura (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua menyebut persiapan Hari Anak Nasional (HAN) yang berlokasi di Istora, Stadion Papua Bangkit, Kabupaten Jayapura mencapai 70 persen.

Asisten Bidang Pemerintahan Setda Papua Yohanis Walilo usai memimpin rapat HAN bersama Penjabat Wali Kota Jayapura, Penjabat Bupati Jayapura serta instansi terkait lainnya di Kantor Gubernur Papua, Kota Jayapura, Rabu, mengatakan saat ini persiapan sudah 70 persen, susunan acara juga selesai dibahas, persiapan tarian kolosal, serta durasi waktu yang dibutuhkan.

Baca juga: Disdik Jayapura: 2.000 siswa latihan tari jelang Hari Anak Nasional

Menurut Walio, pada perayaan tersebut pihaknya melibatkan 3.000 anak dan hingga kini belum ada perubahan, sehingga tim akan terus memantau perkembangan dan kesehatan anak selama latihan.

“Susunan acara telah kami sampaikan juga kepada teman-teman Kementerian Dalam Negeri, sehingga fasilitas dan hal teknis lainnya telah disiapkan,”ujarnya.

Dia menjelaskan hasil rapat ini akan disampaikan kepada Ketua Panitia HAN Pusat agar saat pelaksanaan nanti dapat berjalan lancar tanpa ada kendala yang berarti.

“Kami juga memastikan berapa jumlah anak pintar serta penari kolosalnya, apakah tetap 3.000 atau 2.000 ,sehingga ada kepastian terkait biaya angkutan,” katanya.

Baca juga: Sekitar 5.000-7.000 anak Indonesia bakal ramaikan HAN ke-40 di Papua

Baca juga: KemenPPPA: Pancasila jadi subtema peringatan Hari Anak Nasional 2024


Dia menambahkan dengan sisa waktu dua pekan ini pihaknya berharap semua lancar, karena ini merupakan kunjungan terakhir Presiden Joko Widodo di masa kepemimpinannya, dengan memberikan kesan yang terbaik.

“Kami ingin menunjukkan bahwa anak-anak Papua juga bisa menggelar kegiatan nasional seperti ini dan mendapatkan rekor MURI,” ujarnya.

Pewarta: Qadri Pratiwi
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2024