Jakarta (ANTARA) - Platform video streaming Netflix memulai rencananya untuk menghapus paket bebas iklan seharga 11,99 dolar AS (setara Rp196 ribu) bagi pelanggan tetapnya dengan mengajak mereka untuk beralih ke paket berlangganan lain.

Langkah tersebut merupakan kelanjutan dari perubahan paket-paket yang dirancang Netflix sejak akhir 2023.

Adapun pelanggan tetap yang diminta beralih ke paket layanan lainnya tersebut paling banyak berasal dari Kanada dan Inggris.

Temuan-temuan itu mencuat di forum diskusi Reddit, banyak pengguna Reddit yang menceritakan bahwa mereka menerima notifikasi di aplikasi Netflixnya yang berbunyi, "Hari terakhir Anda menonton Netflix adalah 13 Juli. Pilih paket baru untuk terus ditonton".

Baca juga: Netflix tak akan sertakan iklan pada program anak-anak

Baca juga: Paket Netflix dengan iklan tak akan hadirkan opsi tonton "offline"


Mengutip The Verge yang melaporkan pada Selasa (2/6), diketahui pelanggan tetap Netflix yang sebelumnya berlangganan dengan harga paket 11,99 dolar AS bisa memilih beberapa paket lain yang baru di antaranya paket langganan didukung iklan seharga 6.99 dolar AS (sekitar Rp114 ribu), paket bebas iklan 15.49 dolar AS (sekitar Rp253 ribu), atau paket premium 4K seharga 22.99 dolar AS (sekitar Rp376 ribu).

Sebelumnya penghapus paket langganan 11.99 dolar AS Netflix untuk pelanggan baru sudah berjalan pada Januari 2024.

Saat itu, Netflix mengumumkan bahwa hal serupa juga akan berlaku pada pelanggan tetap mulai kuartal kedua 2024.

Halaman harga langganan dengan harga 11.99 dolar AS di Kanada dan Inggris Raya bahkan sudah menyatakan “Paket dasar telah dihentikan” dan “Anda dapat mengubah paket kapan saja”.

Netflix belum mengumumkan kapan akan mulai menghapuskan secara bertahap paket dasar untuk pelanggan yang sudah ada di AS.

Belum diketahui juga apakah sistem berlangganan dengan iklan ini akan diperluas ke negara lainnya atau tidak.

Meski begitu, seperti banyaknya kompetitor serupa, Netflix saat ini mendorong para pelanggannya untuk bisa memanfaatkan paket berlangganan yang didukung iklan.

Pada Mei 2024 tercatat paket layanan dengan iklan di Netflix sudah mencapai 40 juta pelanggan.

Baca juga: Netflix gandeng Microsoft jadi mitra paket berlangganan dengan iklan

Baca juga: Cara Netflix pacu pertumbuhan pasar di Afrika

Baca juga: Netflix luncurkan paket ponsel untuk pengguna Indonesia

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2024