Surabaya (ANTARA) - Perebutan tiket grand final kompetisi bola voli PLN Mobile Proliga 2024 dimulai di GOR Bung Tomo Surabaya, Jawa Timur, mulai tanggal 4 hingga 7 Juli ketika empat tim putra dan empat tim putri bersaing pada putaran pertama babak empat besar.

Di sektor putra ada juara bertahan Jakarta LavAni Allobank Electric, Jakarta STIN BIN, Palembang Bank SumselBabel, dan Jakarta Bhayangkara Presisi. Sementara di bagian putri mempertemukan Jakarta Popsivo Polwan, Jakarta BIN, Jakarta Pertamina Enduro, dan Jakarta Electric PLN.

Wakil Direktur Proliga Reginald Nelwan dalam konferensi pers di GOR Bung Tomo Surabaya, Rabu sore, mengatakan babak empat besar (final four) akan berlangsung dua putaran, yakni di Surabaya dan Semarang pada pekan berikutnya (11-14 Juli).

"Sistem kompetisi penuh dan masing-masing tim akan saling bertemu dua kali, nanti tim peringkat pertama dan kedua klasemen akhir final four dari sektor putra dan putri akan berlaga pada babak grand final di Indonesia Arena Jakarta tanggal 20 dan 21 Juli," katanya.

Baca juga: Jadwal final four: Palembang Bank Sumsel Babel jamu Jakarta STIN BIN

Regi memastikan pada Proliga musim ini akan muncul juara baru di kelompok putri setelah juara bertahan Bandung bank bjb Tandamata gagal menembus babak empat besar.

Manajer tim putra Jakarta LavAni Allobank Electric Ossy Darmawan mengatakan timnya dalam kondisi sangat siap menghadapi babak empat besar dan bertekad bisa kembali mempertahankan gelar juara.

"Kami ingin mencetak sejarah hattrick (tiga kali beruntun) juara. Saat ini kondisi seluruh pemain sangat bagus dan siap memberikan penampilan terbaik," katanya.

Pada Proliga 2023, Jakarta LavAni sukses mempertahankan gelar juara setelah mengalahkan Jakarta Bhayangkara Presisi pada laga grand final di GOR Amongrogo Yogyakarta. Setahun sebelumnya, LavAni merebut juara dengan mengandaskan Surabaya Bhayangkara Samator.

Asisten Manajer tim Jakarta Bhayangkara Presisi Budi Indra Dermawan menyatakan optimistis timnya bisa meraih prestasi lebih baik dibanding musim sebelumnya.

"Target kami sudah pasti ingin juara. Kalau LavAni ingin juara lagi ketiga kalinya, kami bertekad mencegahnya. Jangan sampai tiga kali," ucap Budi menanggapi sesumbar manajer LavAni.

Sementara dari sektor putri, Asisten Manajer tim Jakarta Electric PLN Roy Letlora mengatakan motivasi dan mental para pemainnya mengalami peningkatan setelah memastikan lolos ke babak empat besar.

Kepastian lolosnya Jakarta Electric ditentukan pada laga terakhir babak reguler melawan Gresik Petrokimia di Pontianak, Kalimantan Barat.

"Kemenangan atas Gresik Petrokimia itu sangat berpengaruh terhadap mental pemain. Motivasi pemain juga naik dan mudah-mudahan ini bisa mengangkat performa tim saat babak empat besar,l katanya.

Jakarta Electric yang ditangani pelatih asal Thailand Chamnan Dokmai akan mengandalkan pemain jangkung Marina Markova dan Zhidkova untuk memburu tiket grand final.

Di kelompok putri, Jakarta Popsivo dan Jakarta BIN (finalis Proliga 2023) paling difavoritkan lolos ke grand final setelah kedua tim tampil dominan selama babak reguler. Popsivo juara putaran pertama dan BIN berjaya pada putaran kedua.

Baca juga: DAMRI Sukses Dukung Mobilisasi Proliga 2024 di Pontianak
Baca juga: LavAni juarai putaran kedua Proliga 2024 usai atasi Garuda Jaya


Pewarta: Didik Kusbiantoro
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © ANTARA 2024