Jakarta (ANTARA) - Gelandang tim nasional Jerman, Toni Kroos percaya diri laga lawan Spanyol di babak delapan besar Piala Eropa 2024 atau Euro 2024 bukan laga terakhirnya.

Pada Mei lalu, Kroos yang membela Real Madrid dan timnas Jerman mengumumkan diri untuk gantung sepatu usai Piala Eropa 2024.

"Kami masih akan berada di turnamen untuk sementara waktu. Saya tidak berpikir besok akan menjadi pertandingan terakhir saya," ujar Toni Kroos dikutip dari laman AFP, Kamis.

Tuan rumah Jerman akan ditantang oleh jawara Euro 2012, Spanyol yang sedang dalam tren positif setelah menjadi satu-satunya tim yang menyapu bersih kemenangan di Piala Eropa kali ini.

Baca juga: Joselu: Spanyol siap pensiunkan Toni Kroos di perempat final Euro

Rekan setim di Real Madrid yang juga merupakan penyerang Spanyol, Joselu sebelumnya sempat melemparkan perang urat saraf bahwa Kroos akan segera pensiun jika bersua La Roja.

"Kami berharap laga nanti jadi yang terakhir untuk Kroos. Ini laga hebat bukan hanya karena melawannya, tetapi juga melawan tim hebat. Kami ingin memensiunkan Toni pada Jumat," ujar Joselu.

Kroos yang merupakan bagian dari kesuksesan Jerman menjadi jawara Piala Dunia 2014 tersebut menanggapi komentar Joselu dengan santai. Kroos mengatakan bahwa setiap tim di turnamen ini memang ingin menang dan wajar saja jika Joselu melontarkan kalimat tersebut.

Baca juga: Dansa terakhir Toni Kroos bersama Jerman di Piala Eropa 2024

Pemain berjuluk The Sniper tersebut memang telah membulatkan tekad untuk pensiun ketika masih berada di peak performance. Menurut Kroos setiap keputusan mengenai gantung sepatu akan selalu datang kepada siapapun, dan ia merasa bersyukur mampu mengambil keputusan tersebut tanpa adanya campur tangan orang lain.

"Syukurlah saya bisa membuat keputusan sendiri, daripada siapa pun mendorong saya atau membuat saya merasa bahwa mungkin lebih baik melakukannya lebih awal," ujar mantan pemain Bayern Muenchen tersebut.

"Saya sadar bahwa apa pun yang datang, atau hobi apa yang mungkin saya coba dan ambil, tidak akan pernah ada yang saya kuasai seperti bermain sepak bola," imbuh Kroos yang baru saja mempersembahkan gelar Liga Champions untuk Real Madrid.

Partai "final kepagian" antara Jerman melawan Spanyol di babak delapan besar Piala Eropa 2024 akan berlangsung di Mercedes-Benz Arena, Berlin, Jumat (5/7) pukul 23.00 WIB.

Baca juga: Daftar tim lolos perempat final dan jadwal pertandingan Piala Eropa

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2024