Jakarta (ANTARA) - Aplikasi belajar daring, Ruangguru, membuat sebuah ajang pencarian pelajar terbaik di Indonesia bernama “Ruangguru Clash of Champion 2024” yang mengadu kompetensi mahasiswa yang berasal dari Indonesia maupun negara lain.

“Merupakan game show dengan format yang segar, namun tetap menyuguhkan konten edukatif dan inspiratif. Kami telah melakukan seleksi terhadap ratusan mahasiswa berprestasi, dan memilih hanya yang terbaik, mulai dari IPK sempurna sampai pemenang olimpiade sains,” kata AVP Academic Affairs and Marketing Ruangguru Marga Anugerah dalam keterangan resmi di Jakarta, Kamis.

Marga menuturkan dalam acara yang sudah tayang melalui Youtube Ruangguru sejak 29 Juni 2024 lalu, menampilkan menampilkan 50 mahasiswa dari universitas-universitas unggulan di Indonesia dan dunia dengan latar belakang jurusan yang beragam.

Baca juga: IPCC kolaborasi dengan Ruangguru latih Bahasa Inggris bagi siswa

Dengan alur permainan yang didesain dari hasil rumusan orisinal tim pihaknya, para mahasiswa ditantang untuk beradu kecerdasan dan strategi yang menguras energi dan menguji emosi peserta saat menyelesaikan permasalahan.

Adapun aspek yang diuji yakni kemampuan berpikir peserta baik secara numerik, logis, memori, maupun strategis.

Marga berharap program tersebut dapat dijadikan sebagai standar dalam pembuatan konten edutainment yang diminati oleh seluruh kalangan usia di Indonesia.

Baca juga: Ruangguru: Metode Alta School solusi kembangkan IQ dan EQ anak
 

“Kami juga ingin memperlihatkan bahwa banyak mahasiswa Indonesia di luar sana memiliki segudang prestasi dan kecerdasan luar biasa,” ujarnya yang juga menjabat sebagai produser Ruangguru Clash of Champions 2024 itu.

Mahasiswa jurusan ganda komputer sains dan matematika di Universitas Nasional Singapura Axel Giovanni Hartanto menambahkan semua tantangan yang diberikan dalam waktu singkat memberikan tekanan yang besar pada para peserta.

Ia juga mengaku merasa gugup karena satu kesalahan kecil dapat membuat dirinya tereliminasi.

Baca juga: Roboguru bantu siswa kerjakan tugas sekolah
 

“Kita harus benar-benar efisien dan efektif. Selain itu, kita juga bertemu dengan orang-orang yang memiliki kecerdasan tinggi dan pencapaian akademis yang luar biasa,” kata peserta yang berasal dari Solo, Jawa Tengah itu.

Ruangguru Clash of Champions 2024 adalah kompetisi untuk mahasiswa terbaik dari berbagai perguruan tinggi unggulan di Indonesia dan Dunia yang diselenggarakan oleh Ruangguru.

Baca juga: Fitur adaptif Ruangguru permudah siswa pelajari materi secara mendalam
 

Universitas yang turut berpartisipasi dalam program ini antara lain NUS, NTU, Yale, KAIST, serta UGM, ITB, UI, BINUS, ITS, UNAIR, UNAND, IPB, UNHAS, UNPAD, Udayana, UIN Syarif Hidayatullah, UNDIP, ITS, dan UB.

Kompetisi ini dapat disaksikan setiap Sabtu pukul 18.30 WIB di aplikasi YouTube Ruangguru, dan TikTok @ClashofChampions2024.

Baca juga: BNPT-KPTIK kerja sama gelar kompetisi jurnalis kebangsaan mahasiswa

Pewarta: Hreeloita Dharma Shanti
Editor: Siti Zulaikha
COPYRIGHT © ANTARA 2024