Jakarta (ANTARA) -
Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo berharap cabang olahraga wushu selalu menjadi penyumbang medali emas untuk Indonesia, dalam setiap ajang multi cabang internasional seperti SEA Games, Asian Games, dan lainnya.

Dalam laman Kemenpora yang dipantau ANTARA di Jakarta, Kamis, Dito menyatakan selama ini wushu telah berkontribusi dalam menambah medali emas pada ajang internasional.

"Kami berharap wushu tetap berkontribusi menambah medali emas dan menaikkan peringkat Indonesia di mata dunia," kata Dito dalam pembukaan Final Stage Sirkuit Nasional-Kejurnas Wushu Junior Taolu & Sanda 2024 dan Kejuaraan Open Wushu Taolu Senior di GOR Tennis Indoor, Kompleks GBK Senayan, Jakarta.

Dito melanjutkan, pemerintah akan selalu mendukung pembinaan dan program dari Pengurus Besar Wushu Indonesia (PB WI) sehingga regenerasi atlet yang berprestasi bisa terus berlanjut.

Ditambah lagi, wushu sudah menjadi cabang olahraga dengan tradisi kontribusi emas yang banyak untuk Indonesia, serta selalu melahirkan regenerasi atlet berprestasi pada masa depan.

Baca juga: Indonesia kirim atlet hasil kejurnas ke Kejuaraan Wushu Dunia Junior

Oleh sebab itu, Dito mengimbau para orang tua harus mendukung kegiatan anak-anaknya yang berlatih wushu, agar meraih hasil maksimal dan mengharumkan nama negara dan keluarga.

"Insya allah komitmen kami pemerintah, untuk wushu bagaimana pembinaan dan program jangka pendek, menengah dan panjang akan kami dukung," ujar menteri termuda dalam Kabinet Indonesia Maju itu.

Sekretaris Jenderal PB WI Ngatino mengatakan, atlet terbaik dari hasil Final Stage Sirkuit Nasional-Kejurnas Wushu Junior Taolu & Sanda 2024 akan dikirimkan ke Kejuaraan Wushu Dunia Junior di Brunei.

"Setelah hasil ini nantinya akan ada tim untuk mempersiapkan wushu Indonesia ke Kejuaraan Wushu Dunia Junior di Brunei Darussalam pada September 2024," kata Ngatino.

Baca juga: Menpora sebut PBWI contoh pengembangan olahraga

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2024