Jakarta (ANTARA) - Delapan negara sudah memastikan langkah ke perempat final Euro 2024 Jerman setelah 16 negara yang melaju ke babak 16 besar menyelesaikan laga babak gugur pertama pada Rabu (3/7).

Delapan negara yang lolos itu adalah Spanyol, Jerman, Prancis, Portugal, Belanda, Turki, Inggris, dan Swiss.

Babak delapan besar akan dibuka dengan laga antara dua tim yang difavoritkan melaju ke final, yaitu Spanyol dan Jerman, yang akan saling bertemu di Mercedes-Benz Arena, Stuttgart, Jumat (5/7) pukul 23.00 WIB.

Laga antara Spanyol melawan Jerman diprediksi sengit sepanjang laga karena kedua tim ini merupakan tim yang paling sempurna sejauh ini secara permainan dari enam kontestan lainnya dalam babak perempat final.

La Furia Roja dengan rekor sempurna pada fase grup sejauh ini selalu menang dengan mencetak sembilan gol dan hanya kebobolan satu gol.

Baca juga: Ronaldo berburu gol pertamanya dalam Euro 2024

Sementara Die Mannschaft meraih tiga kali kemenangan dan sekali hasil seri dengan mencetak 10 gol dan kebobolan dua gol.

Dari lima pertemuan dari satu dekade terakhir, kedua tim sama-sama saling mengalahkan dengan tiga laga berakhir seri, dengan skor sama 1-1.

Spanyol meraih kemenangan pada November 2020 di mana saat itu mereka yang masih dilatih Luis Enrique menggilas Jerman di bawah asuhan Joachim Low dengan enam gol tanpa balas.

Bagi Jerman, kemenangan terakhirnya atas Spanyol terjadi 10 tahun silam setelah mereka menjuarai Piala Dunia 2014 di Brasil, tepatnya November 2014 dengan skor 1-0 melalui gol tunggal Toni Kroos.

Setelah rampung laga antara Spanyol melawan Jerman, babak perempat final selanjutnya memainkan laga antara Portugal melawan Prancis dan Inggris melawan Swiss pada Sabtu (6/7) WIB dan Belanda melawan Turki pada Minggu (7/7) WIB.

Baca juga: Kroos percaya diri laga lawan Spanyol bukan laga terakhirnya

Berikut jadwal lengkap perempat final Euro 2024:

Jumat (5/7)
Spanyol vs Jerman di Mercedes-Benz Arena, Stuttgart, pukul 23.00 WIB

Sabtu (6/7)
Portugal vs Prancis di Volksparkstadion, Hamburg, pukul 02.00 WIB
Inggris vs Swiss di Esprit Arena, Dusseldorf, pukul 23.00 WIB

Minggu (7/7)
Belanda vs Turki di Stadion Olimpiade Berlin pukul 02.00 WIB.

Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2024