Jakarta (ANTARA) - Persatuan Senam Indonesia (Gymnastics Indonesia) berharap kejuaraan 3rd Gymnastics Indonesia Open 2024 menjadi ajang regenerasi atlet.

Dalam keterangan resmi, Kamis, 3rd Gymnastics Indonesia Open 2024 yang berlangsung pada 4-14 Juli akan mempertandingkan lima disiplin yaitu artistik, aerobik, ritmik, trampoline, dan parkour.

“Sekarang tantangan kita adalah mencari bakat-bakat setaraf Rifda Irfanaluthfi yang bisa lolos di Olimpiade 2028 dan seterusnya. Gymnastics Indonesia memanfaatkan kesempatan Indonesia Open ini untuk talent scouting dan regenerasi melalui pembinaan yang berkelanjutan,” kata Ketua Persatuan Senam Indonesia Ita Yuliati.

Ita, sapaan akrabnya, turut mengapresiasi dukungan fasilitas yang diberikan dari beberapa pihak sehingga Indonesia Open 2024 kali ini dapat mempertandingkan lebih banyak disiplin.

Pada edisi pertama 2022, Indonesia Open hanya mempertandingkan disiplin artistik. Setahun berselang, Indonesia Open mempertandingkan tiga disiplin yakni artistik, ritmik, dan aerobik.

Untuk tahun ini akan ada lima disiplin, di mana disiplin artistik dan ritmik diselenggarakan di British School Jakarta (BSJ), aerobik di GOR Bulungan, trampoline di Bounce Street, dan parkour di Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Indonesia Open 2024 diikuti lebih dari seribu atlet, yakni 770 atlet akan turun di disiplin artistik, 155 atlet di ritmik, 52 atlet di trampoline, 75 atlet di aerobik, dan 73 atlet di parkour.

“Sebagai cabang olahraga yang membawahi enam disiplin, gymnastics sebenarnya membutuhkan fasilitas hall lengkap yang fungsi dan kebutuhannya berbeda-beda. Untuk itu, kami berterima kasih kepada Principle of BSJ David Butcher dan jajarannya yang sudah mendukung Gymnastics Indonesia dalam memberikan fasilitas Gedung Olahraga BSJ untuk pelaksanaan event ini, dan kami berharap agar kerja sama ini dapat terjalin dalam jangka waktu menengah dan panjang,” kata Ita.

“Kami juga berterima kasih kepada Dispora DKI Jakarta yang sudah memberikan support tempat di GOR Bulungan. Begitu juga Bounce Street sebagai partner untuk perlombaan trampoline. Tak lupa juga kepada Kemenpora atas dukungannya yang sudah menyiapkan tempat untuk disiplin parkour.”

Baca juga: Rifda Irfanaluthfi ingin cetak sejarah untuk Indonesia di Paris

Ita berharap Indonesia dapat memiliki gymnastics hall dengan fasilitas lengkap yang bisa digunakan tak hanya sebagai tempat latihan atlet-atlet pelatnas tetapi juga untuk turnamen.

Saat ini Kemenpora tengah membangun fasilitas Gymnastics Hall di Cibubur yang dikabarkan rampung pada Oktober. Ia berharap fasilitas tersebut dapat menjadi pusat pelatihan bagi atlet gymnastics Indonesia.

Alita menjadi sponsor utama Indonesia Open 2024 dan didukung oleh Taspen, British School Jakarta, Taishan, Brick, Global Vista, serta Primaya Hospital yang membantu untuk disiplin trampoline.

Dalam keterangan resmi, berikut agenda 3rd Gymnastics Indonesia Open 2024:
•⁠ ⁠4 Juli - British School Jakarta, Bintaro – Podium Training
•⁠ ⁠5-7 Juli - British School Jakarta, Bintaro - Men’s Artistic Gymnastics (MAG) & Men’s Artistic Gymnastics (WAG)
•⁠ ⁠8-10 Juli - British School Jakarta, Bintaro - Rhythmic Gymnastics
•⁠ ⁠9-10 Juli - GOR Bulungan - Aerobic Gymnastics
•⁠ ⁠11-12 Juli - Bounce Street, Kelapa Gading - Trampoline
•⁠ ⁠13-14 Juli - Halaman Kemenpora, Senayan – Parkour

Baca juga: Rifda Irfanaluthfi semakin percaya diri jelang tampil di Paris
Baca juga: CdM Indonesia fokus jaga mental atlet hadapi Olimpiade Paris

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
COPYRIGHT © ANTARA 2024