Ambon (ANTARA) - Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Maluku menyampaikan jamaah haji dari provinsi itu dijadwalkan pulang dan mendarat di Bandara Pattimura Ambon pada 13 Juli 2024.

"Sesuai jadwal pemulangan jamaah haji asal Maluku dimulai dari Kloter 27 yang akan tiba 13 Juli 2024 pukul 12.45 WIT," kata Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Provinsi Maluku Djumadi Wali di Ambon, Kamis.

Menurut dia, setiba di Ambon jamaah akan dibawa ke Asrama Haji Waiheru untuk dilakukan penyambutan dan khusus untuk Kota Ambon setelah acara penyambutan sudah bisa langsung pulang.

Sementara dari kabupaten/kota lainnya masih di asrama sambil menunggu angkutan ke daerah masing masing.

Baca juga: 14 orang haji Kloter 13 asal Malut langsung dirawat setelah tiba

Baca juga: PPIH Debarkasi UPG sambut kedatangan jamaah haji asal Maluku Utara


Ia menyampaikan kloter 27 berasal dari Kota Ambon, Kabupaten Seram Bagian Barat dan Kabupaten Maluku Barat Daya.

Selanjutnya pada15 Juli 2024 juga akan tiba di Ambon jamaah yang tergabung dalam Kloter 30 yakni berasa dari Kabupaten Maluku Tengah, Kabupaten Pulau Buru, Kabupaten Seram Bagian Timur, Kabupaten Kepulauan Tanimbar dan Kabupaten Maluku Tenggara.

Lalu pada 16 Juli 2024 juga akan tiba jamaah yang tergabung dalam Kloter 32 yakni jamaah dari Kota Tual, Kabupaten Buru Selatan, dan Kabupaten Kepulauan Aru.

Untuk persiapan kepulangan PPIH Provinsi Maluku sudah berkoordinasi dengan instansi terkait terutama yang bersentuhan langsung dengan pelaksanaan yaitu Bea Cukai, Imigrasi dan Karantina kesehatan.

"Kita juga sudah melakukan koordinasi dengan pihak keamanan terutama pengawalan jamaah haji mulai dari Bandara Pattimura di Laha sampai ke asrama haji di Waiheru," kata dia.

Selain itu kita juga sudah melakukan koordinasi dengan pihak Angkasa Pura yang tergabung dalam satuan operasi Bandara Pattimura bekerja sama dengan Polsek Bandara, termasuk kesiapan asrama haji sebagai tempat menginap jamaah haji setelah tiba di asrama haji.

"Sampai pada barang bawaan jamaah sudah diantisipasi untuk diangkut, disiapkan bus termasuk mobil yang akan membawa barang jamaah sampai ke asrama haji di Desa Waiheru," ujarnya.*

Baca juga: Calon haji Maluku langsung diterbangkan tanpa karantina di Makassar

Baca juga: Seorang Calhaj Ternate dipulangkan usai jalani perawatan di Makassar

Pewarta: Winda Herman
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2024