Jakarta (ANTARA) - Serikat Pekerja (SP) PT PLN (Persero) menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) tahun 2024 dengan menekankan pentingnya semangat kolaborasi antara serikat pekerja dengan direksi demi tujuan bersama perusahaan dalam bidang energi yang berkelanjutan dan keadilan sosial.

Ketua Umum SP PLN M. Abrar Ali dalam keterangan di Jakarta, Kamis mengatakan, melalui forum kolaborasi ini diharapkan terus terjalin dialog yang produktif dan solutif untuk memperkuat posisi PLN sebagai pelaku utama dalam sektor energi nasional yang bertanggung jawab dan berorientasi pada keberlanjutan.

Abrar Ali juga menilai penting dan perlunya dukungan dari pemerintah untuk mengoptimalkan kinerja PLN sebagai BUMN untuk kepentingan masyarakat dan kemajuan negara.

”Jangan biarkan kami sendiri, PLN bukan perusahaan swasta, PLN merupakan milik negara. Pemerintah harus berpihak kepada PLN dengan tidak mendukung power wheeling,” kata Abrar Ali menambahkan.

Direktur Legal dan Manajemen Human Capital PT PLN (Persero) Yusuf Didi Setiarto yang hadir pada acara tersebut, menyampaikan bahwa PLN memainkan peran penting dalam menghadapi tantangan transisi global menuju energi yang lebih berkelanjutan dan ramah lingkungan.

“Terkait dengan tema ini, PLN sebagai tulang punggung dan sekaligus jantung Indonesia tidak berada di ruang hampa. PLN berada dari suatu ekosistem baik dari bagian republik ini atau bagian dari komunitas global khususnya dalam menghadapi transisi global yang akan datang cepat atau lambat,” ujar Yusuf Didi Setiarto.

Sementara itu, Wakil Menteri Ketenagakerjaan Afriansyah Noor saat membuka kegiatan Rakernas SP PLN berpesan agar forum tersebut dapat menghasilkan sesuatu yang baik dan berkolaborasi secara optimal antara SP PLN dengan Direksi PT PLN untuk mendukung Indonesia lebih baik.

”Rakernas tentunya bagian dari program agenda sebuah organisasi, tentunya dalam pelaksanaannya bisa merumuskan apa yang menjadi program dan target jangka pendek hingga panjang sesuai dengan temanya yang luar biasa agar dapat memberikan manfaat bersama dari kolaborasi SP PLN dengan jajaran direksi PLN untuk membangun kekuatan keekonomian negeri ini," tegas Afriansyah Noor.

Rakernas SP PLN berlangsung pada 3-4 Juli 2024 dihadiri oleh 779 peserta dengan mengusung tema "Mengawal Visi Energi Berkelanjutan dan Berkeadilan Sosial dengan Semangat Kolaborasi antara SP PLN dan Direksi PT PLN (Persero)".

Baca juga: SP PLN: "Power wheeling" bentuk liberalisasi pengelolaan listrik
Baca juga: Peringati Hari Buruh, SP PLN soroti soal transisi energi
Baca juga: PLN raih laba bersih Rp22,07 triliun pada tahun 2023

 

Pewarta: Faisal Yunianto
Editor: Biqwanto Situmorang
COPYRIGHT © ANTARA 2024